BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior
Kematian Petugas Medis; Pemerintah Harus Berbenah

Kematian Mantri Patra dikhawatirkan seperti fenomena gunung es. Dibalik kejadian tragis ini sebenarnya masih banyak kejadian hal-hal yang sangat buruk menimpa petugas medis di daerah-daerah terpencil. Hal ini harus diselidiki secara serius oleh pemerintah.

Selain kematian, sebenarnya masih banyak kejadian miris yang menimpa petugas medis di daerah terpencil. Petugas medis ini kekurangan makanan, tingkat kesehatan menurun termasuk stress saat menjalankan tugas. Hal ini disebabkan karena tidak adanya persiapan yang serius sebelum berangkat dan mereka seakan berangkat dengan one way ticket.

Persoalan ini disebabkan kebijakan yang masih kurang tepat dan persiapan yang kurang matang. Sehingga pengiriman petugas medis dijadikan korban lip service, seolah-olah pemerintah sudah bekerja dengan baik dan serius mengatasi permasalahan kesehatan.

Sebenarnya bukan hanya pertugas medis saja yang menjadi korban. Banyak petugas sosial lainnya seperti penyuluh pertanian yang menjadi korban lip service dari pemerintah, korban pencitraan.

Para pengampu kebijakan harus koreksi diri dan mau menerima kritik. Kritik harus diterima sebagai masukan yang positif, dan sebaiknya tidak selalu dianggap sebagai ujaran kebencian. Dan tidak setiap kritikan harus ditanggapi secara politik, jangan bertindak seperti otoritarian.

Perbaikan kebijakan dan tindakan tegas terhadap jatuhnya korban. Jangan selalu dianggap sebagai suatu kelalaian tetapi harus bisa ditindak secara tegas dan adil. Jangan sampai muncul kesan bahwa petugas lapangan hanya sebagai pion saja bahkan korban. (yed)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

FOLLOW US

Revisi Aturan-aturan yang Tidak Pro Kepada Nelayan!             Kebijakan KKP yang Baru Harus Didukung             Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek