BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Kebijakan Publik, Managing Partner PH&H Public Policy Interest Group
Resiko Petugas Sosial

Mantri Patra petugas medis dari Dinas Kesehatan Teluk Wondama, Papua. Status petugas medis yang bertugas menjadi penentu siapa yang bertanggung jawab atas penugasan dan penjemputan kembali pasca bertugas.

Sebagai petugas sosial tentu sudah tahu risiko yang akan ditanggung. Meskipun negara juga harus mengurus penyebab kematian petugas medis tersebut. Tetapi, sebagai petugas sosial kita sudah mengetahui risiko apa yang akan kta tanggung.

Keterlambatan penjemputan petugas medis ini menjadi tanggung jawab yang menugaskan, dalam hal ini Dinas Kesehatan Teluk Wondana. Alasan keterlambatan ini juga harus ditelurusi lebih jauh sesuai dengan kontrak kerja, apakah penjemputan harus menggunakan helikopter, darat atau sungai misalnya. Jika helikopternya rusak berarti harus tunggu diperbaiki. Jika petugas sosial pulang sendiri dengan upaya sendiri tentu menyalahi aturan kontrak, karena kontrak ditandatangani oleh yang bersangkutan.

Solusinya adalah bahwa selanjutnya, institusi/lembaga yang mengirim petugas medis harus lebih terencana, mulai dari pengiriman, pergantian petugas hingga penjemputan kembali pasca bertugas.

Tetapi kembali lagi, kondisi dan risiko sebagai petugas sosial sudah diketahui oleh yang bersangkutan sesuai dengan kontrak karena petugas sosial banyak jenisnya, misalnya banyak tenaga pengajar yang juga mengabdi ke daerah pedalaman setelah lulus. (yed)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

FOLLOW US

Revisi Aturan-aturan yang Tidak Pro Kepada Nelayan!             Kebijakan KKP yang Baru Harus Didukung             Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek