BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Guru Besar Universitas Diponegoro
Rupiah Didukung Fundamental Ekonomi Kuat

Fundamental ekonomi yang bagus akan menopang kestabilan nilai tukar rupiah. Pengaruh isu-isu politik hanya bersifat insidental dan temporer sehingga masyarakat akan kembali percaya. Fluktuasi nilai tukar rupiah dalam jangka pendek lebih kepada masalah kepercayaan.

Pada saat masyarakat percaya terhadap pengelolaan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah, melakukan tindakan tegas terhadap pengganggu keamanan, sehingga tidak mendorong orang untuk berspekulasi dan melarikan diri ke luar negeri seperti rumor yang beredar banyak penduduk RI yang membeli tiket pesawat untuk tujuan ke luar negeri.

Sikap pemerintah dalam menghadapi kondisi yang memanas cukup bagus walaupun isu negatif tidak akan berhenti. Sempat juga ada isu perlawanan dari angkatan darat dengan pernyataan yang menyayangkan kondisi yang terjadi yang kemudian menimbulkan interpretasi mengenai kemungkinan dicopotnya Kapolri.

Namun jika presiden berpegang teguh kepada keyakinan bahwa Kapolri menjalankan tugasnya berdasarkan ketentuan hukum, pembelaan dari masyarakat sipil akan kuat dan situasinya akan reda. Yang perlu diwaspadai menyangkut isu isu ekonomi jangka pendek adalah saat Mahkamah Konstitusi  membuat keputusan pengadilan terhadap kasus laporan kecurangan Pilpres 2019.

Fundamental ekonomi Indonesia dilihat dari neraca pembayaran tidak terlalu mengkhawatirkan. Posisi cadangan devisa dan transaksi berjalan cukup aman. Presiden tentu akan memperhatikan perspektif  hukum yang lebih kuat dan fundamental, berbeda dengan kepentingan politik yang bersifat jangka pendek. (sar)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FX Sugiyanto, Prof.

Guru Besar Universitas Diponegoro

FOLLOW US

Kematian Petugas KPPS Tidak Ada Yang Aneh             Memerangi Narkoba Tanggung Jawab Semua Pihak             Pendekatan yang 'Teenager Friendly'             Pendampingan Tiga Tungku             Perda Dulu Baru IMB             Kelalaian Negara dalam Misi Kemanusiaan             Kematian Petugas Medis; Pemerintah Harus Berbenah             Daerah Terpencil Sebagai Indikator Keberhasilan             Resiko Petugas Sosial             Kebijakan RI Perbanyak Barang Impor Masuk