BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Sektor Pertanian Masih Gunakan Paradigma Lama

Sektor pertanian masih menjadi sektor unggulan bagi Indonesia. Berdasarkan indeks keunggulan komparatif, sektor pertanian masih merupakan sektor yang unggul. Selain itu, dilihat dari keterkaitan antarsektor, ia mempunyai tingkat keterkaitan yang tinggi dari hulu ke hilir.

Kunci untuk membenahi sektor pertanian adalah revitalisasi dengan membangun industri, meningkatkan nilai tambah, menjadikannya lebih besar dalam skala ekonomi. Dengan program-program tersebut maka sektor pertanian akan menjadi jawaban atas defisit neraca perdagangan.

Masalahnya kembali kepada political will dan bagaimana pemerintah bisa memetakan masalah. Selama ini Kementerian Pertanian masih menggunakan paradigma 20-30 tahun lalu, dimana Indonesia harus memproduksi semuanya sendiri.  Padahal di era sekarang, yang dibutuhkan adalah pembangunan industri di sektor pertanian yang sering kali luput.

Konsep ketahanan pangan di Kementerian Pertanian masih  beranggapan bahwa Indonesia harus menanam sendiri untuk memenuhi kebutuhan. Kita harus membangun rantai produksi  yang terkoneksi dengan negara-negara lain,  tidak semata-mata bisa memproduksi sendiri.

Yang juga perlu dibenahi di Kementerian Pertanian adalah manajemen data yang amburadul.  Kapan waktunya ekspor dan impor masih abu-abu.  Klaimnya selama ini bersifat artifisial dengan menyatakan sudah mencapai swasembada atau melakukan ekspor, tetapi justru masih terjadi kelangkaan.  Ini berarti ada masalah dalam industri, tata niaga, logistik, dan lain-lain.  (sar)  

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FX Sugiyanto, Prof.

Guru Besar Universitas Diponegoro

FOLLOW US

Kematian Petugas KPPS Tidak Ada Yang Aneh             Memerangi Narkoba Tanggung Jawab Semua Pihak             Pendekatan yang 'Teenager Friendly'             Pendampingan Tiga Tungku             Perda Dulu Baru IMB             Kelalaian Negara dalam Misi Kemanusiaan             Kematian Petugas Medis; Pemerintah Harus Berbenah             Daerah Terpencil Sebagai Indikator Keberhasilan             Resiko Petugas Sosial             Kebijakan RI Perbanyak Barang Impor Masuk