BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Sektor Pertanian Masih Gunakan Paradigma Lama

Sektor pertanian masih menjadi sektor unggulan bagi Indonesia. Berdasarkan indeks keunggulan komparatif, sektor pertanian masih merupakan sektor yang unggul. Selain itu, dilihat dari keterkaitan antarsektor, ia mempunyai tingkat keterkaitan yang tinggi dari hulu ke hilir.

Kunci untuk membenahi sektor pertanian adalah revitalisasi dengan membangun industri, meningkatkan nilai tambah, menjadikannya lebih besar dalam skala ekonomi. Dengan program-program tersebut maka sektor pertanian akan menjadi jawaban atas defisit neraca perdagangan.

Masalahnya kembali kepada political will dan bagaimana pemerintah bisa memetakan masalah. Selama ini Kementerian Pertanian masih menggunakan paradigma 20-30 tahun lalu, dimana Indonesia harus memproduksi semuanya sendiri.  Padahal di era sekarang, yang dibutuhkan adalah pembangunan industri di sektor pertanian yang sering kali luput.

Konsep ketahanan pangan di Kementerian Pertanian masih  beranggapan bahwa Indonesia harus menanam sendiri untuk memenuhi kebutuhan. Kita harus membangun rantai produksi  yang terkoneksi dengan negara-negara lain,  tidak semata-mata bisa memproduksi sendiri.

Yang juga perlu dibenahi di Kementerian Pertanian adalah manajemen data yang amburadul.  Kapan waktunya ekspor dan impor masih abu-abu.  Klaimnya selama ini bersifat artifisial dengan menyatakan sudah mencapai swasembada atau melakukan ekspor, tetapi justru masih terjadi kelangkaan.  Ini berarti ada masalah dalam industri, tata niaga, logistik, dan lain-lain.  (sar)  

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

FOLLOW US

Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-2)             Perlu Revisi Undang-Undang dan Peningkatan SDM Perikanan di Daerah             Antisipasi Lewat Bauran Kebijakan Fiskal – Moneter