BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Menteri BUMN dan Ketua Pelaksana Tim Penanganan Pandemi Virus Corona dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)
Vaksin Anti Virus COVID-19 Ditemukan, Tumbuhkan Rasa Optimis Pemulihan Ekonomi

Saya optimis pasca ditemukannya vaksin, ekonomi akan segera pulih dalam beberapa bulan ke depan. Bahkan tidak lama lagi diprediksi akan kembali normal. Segera dimulainya uji klinis tahap tiga terhadap 2.400 calon vaksin antivirus COVID-19 akan menambah percepatan pemulihan ekonomi. Ekonomi harus mulai bergerak, dan kita harus yakin dalam beberapa bulan ke depan, maksimal 50 persen perekonomian kita akan kembali.

Sebelum apa yang kita harapkan, yakni ditemukannya vaksin, kita harus tetap beraktivitas mengikuti protokol Kesehatan. Pilihan untuk tidak melakukan lockdown sudah tepat, ini berdampak pada masih bertumbuhnya perekonomian Indonesia sekitar 2,9 persen. Berbeda jauh dengan negara lain pada periode yang sama, ekonominya anjlok sampai 17 persen.

Kebijakan new normal dan penerapan protokol Kesehatan, kami harapkan akan mampu semakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Saat ini, memang banyak BUMN dan perusahan lain yang terdampak COVID-19, namun kita harus tetap optimis dalam perjalanannya dan dilakukannya uji klinis tahap tiga (3) calon vaksin antivirus COVID-19 akan  membawa dampak positif pada pertumbuhan ekonomi.

Setelah dilakukan uji klinis tahap tiga (3), tahun 2021 BUMN produsen obat-obatan, dalam hal ini Bio Farma, siap melakukan produksi vaksin sebanyak 100 juta dosis. Diharapkan sampai tahun 2021 saat di mana vaksin bisa diedarkan, masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam era new normal ini.

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF