1 Desember Diperingati Sebagai Hari AIDS Sedunia
berita

01 December 2018 10:30
Watyutink.com – Hari ini, 1 Desember, diperingati sebagai hari AIDS Sedunia untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.

AIDS adalah singkatan dari Acquired Immunodeficiency Syndrom, yang merupakan sekummpulan gejala dan infeksi (atau: sindrom) yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV. HIV menyerang sistem kekebalan tubuh dan merusak bagian dari sistem itu, yaitu jenis sel darah putih yang disebut T lymphocyte atau T cell atau dalam bahasa Indonesia, sel limfosit T.

Pencetus ide Hari AIDS sedunia adalah James W.Bunn dan Thomas Netter, dua pejabat informasi masyarakat untuk program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss, pada Agustus 1987. Konsepnya sendiri digagas  tahun 1998 pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai program-program untuk pencegahan AIDS. Sejak saat itu, tanggal pertama di bulan Desember ini diperingati  sebagai hari AIDS sedunia.

Di Indonesia sendiri menurut data Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Nasional menunjukkan keberadaan kasus HIV/AIDS pertama kali dilaporkan pada tahun 1987, sebanyak lima kasus. Sedangkan jumlah kumulatif kasus AIDS sejak pertama kali dilaporkan sampai dengan Juni 2018 tercatat sebanyak 108.829 kasus, yang keberadaannya dilaporkan oleh 433 (84,2%) dari 514 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?             Kebutuhan Gas Dalam Negeri Harus Diutamakan             Blok Masela Jangan Diserahkan Sepenuhnya Kepada Asing             Hendaknya Jangan Berhenti pada Sisi Produksi             Konsumen Kritik Layanan, Seharusnya Dapat Penghargaan             Saatnya Perusahaan Old School Transformasi ke Dunia Digital             Temuan TPF Novel Tidak Fokus