Alang-alang, Sering Dianggap Parasit Ternyata Ampuh Sehatkan Ginjal, Sembuhkan Asma dan Keputihan
berita
Alang-alang
17 May 2020 06:00
Watyutink.com – Banyak orang yang tidak mengenal manfaat alang-alang. Jangankan manfaatnya, bentuk alang-alang saja banyak orang tidak mengetahuinya. Padahal alang-alang sudah lama dikenal sebagai tanaman obat yang banyak mempunyai manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat alang-alang bagi kesehatan?

Alang-alang di beberapa daerah dikenal dengan nama ilalang atau padang. Tumbuhan alang-alang bisa mencapai tinggi satu atau dua meter. Sekilas alang-alang memiliki bentuk yang serupa dengan tanaman padi.

Meski selama ini dianggap sebagai tumbuhan parasit namun diketahui alang-alang memiliki kandungan zat dan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Senyawa tersebut terdapat pada bagian batang, bunga, dan akar alang-alang.

Senyawa tersebut antara lain, glukosa, manitol, asam sitrat, asam malic, arundoin, coixol, fernerol, silindrin, anemonin, simiarenol, esin, saponin, alkali, polifenol, dan taninin. Itulah sebabnya akar alang-alang banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satunya sebagai obat untuk mengatasi penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Untuk mengobati hipertensi, rebus akar alang-alang dengan satu gelas air putih. Biarkan hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Biarkan hingga dingin dan saring air rebusan akar alang-alang. Minum secara rutin dua kali sehari. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, sertai pula dengan gaya hidup sehat. Selain itu hindari mengonsumsi makanan yang bisa memicu darah tinggi, seperti garam, emping mlinjo, dan sebagainya.

Rebusan akar alang-alang juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, salah satunya mengobati diare. Meski penyebab diare beragam, namun akar alang-alang diyakini ampuh mengatasi gangguan pencernaan tersebut.

Akar alang-alang juga bermanfaat untuk menyehatkan ginjal dan saluran kemih. Bahkan ramuan akar alang-alang juga bisa membantu menyembuhkan kencing batu dan meluruhkan batu saluran kemih.  Untuk membuat ramuan tersebut, caranya siapkan akar alang-alang dan serai dengan perbandingan 1:1/3. Artinya 10 gram akar alang-alang berbanding 3 gram serai.

Rebus akar alang-alang dan serai dengan 300 mililiter air besih hingga mendidih. Setelah hangat, saring ramuan tersebut. Tambahkan madu atau jahe untuk menambah rasa. Minum secara rutin hingga sakit ginjal sembuh.

Akar alang-alang juga  memiliki khasiat mengibati penyakit asma. Bahkan sejak lama akar alang-alang dikenal sebagai bahan herbal untuk menyembuhkan penyakit pernafasan itu. Caranya, siapkan 100 gram akar alang-alang, 50 gram sirih, dan 50 gram kencur. Rebus dengan 200 mililiter air bersih hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Setelah hangat, saring rebusan bahan-bahan tersebut dan minum secara rutin hingga penyakit asma yang diderita sembuh.  

Bagi para wanita, akar alang-alang juga bermanfaat menyembuhkan masalah keputihan. Caranya, siapkan 500 gram akar alang-alang, dua tangkai daun pepaya, dan lima gram pulasari atau palasan. Rebus semua bahan tersebut dengan dua gelas air hingga mendidih dan tersisa setangahnya. Setelah hangat saring dan minum secara rutin dua kali sehari.

Akar alang-alang juga bermanfaat menyembuhkan penyakit panas dalam. Caranya, siapkan umbi alang-alang cuci hingga bersih. Keringkan dengan cara dijemur atau dipanaskan dalam oven. Selanjutnya, tubuk umbi alang-alang yang sudah kering hingga menjadi bubuk.

Seduh bubuk umbi alang-alang dengan air panas. Nikmati saat hangat. Tambahkan madu untuk menambah rasa.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF