Aliran Darah Tidak Lancar Sebabkan Rambut Rontok, Cepat Lelah dan Disfungsi Ereksi, Sembuhkan dengan Ramuan Jahe, Kunyit, dan Kencur
berita
Ramuan Jahe, Kunyit dan Kencur
20 July 2020 15:50
Watyutink.com – Rambu Anda rontok dan kuku menjadi rapuh? Bisa jadi Anda mengalami sirkulasi darah tidak lancar. Kondisi ini tentu saja tidak bisa dianggap sepele. Pasalnya sikrulasi darah yang tidak lancar bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang lebih parah. Itulah sebabnya sirkulasi darah harus dijaga agar selalu lancar.

Tahukah Anda, bagaimana cara menjaga agar sirkulasi darah tetap lancar?

Di dalam tubuh manusia terdalah pembuluh darah sepanjang 60 ribu mil. Jika 1 mil setara dengan 1,6 kilometer, artinya dalam tubuh kita terdapat pembuluh darah sepanjang 96 ribu kilometer. Besama organ lain, seperti jantung dan otot, pembuluh sepanjang 96 kali pulau Jawa itu membentuk sistem peredaran darah. Jaringan pembuluh darah itu bertugas membawa darah yang berisi nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh, termasuk sel-sel berukuran kecil.

Itulah sebabnya, aliran darah harus dijaga agar selalu berjalan lancar. Jika aliran darah terhambat atau tidak lancar, asupan nutrisi untuk sel-sel tubuh pun menjadi terganggu. Akibatnya berbagai gangguan kesehatan pun akan dirasakan. Jika dibiarkan, sel-sel tubuh akan mengalami kerusakan akibat asupan nutrisi terganggu.  

Beberapa gangguan kesehatan yang kerap terjadi akibat aliran darah tidak lancar antara lain, sering mengalami kesemutan, kaki dan tangan teras dingin. Aliran darah yang tidak lancar menyebabkan tubuh terutama kaki dan tangan mengalami kebas atau baal, dan kerap kesemutan. Selain itu tubuh akan merasa dingin. Pasalny darah juga berfungsi mengatur suhu tubuh. Selain kedinginan, kaki dan tangan terlihat pucat. Aliran darah tidak lancar juga kerap disertai munculya bisul pada kaki

Aliran darah tidak lancar juga menyebabkan kesulita berpikir. Otak sebagai organ untuk berpikir sangat membutuhkan supali darah agar bisa berfungsi dengan baik. Jika aliran darah menuju otak terhambat, fungsi otak pun akan menurun. Kondisi ini biasanya disertai pula dengan rambut rontok. Pasalnya akar rambut dibagian kepala tidak mendapat suplai nutrisi dengan baik.

Fungsi sistem pencerrnaan juga akan terganggu akibat sirkulasi darah tidak lancar. Sistem penceranaan juga membutuhkan suplai darah yang kaya akan oksigen untuk membantu mencerna makanan. Ketika sirkulasi darah terhambat, sistem pencernaan pun akan mengalami penurunan fungsi.

Aliran darah tidak lancar juga menyebabkan mudah lelah. Nutrisi dan oksigen yang tidak tersalurkan dengan baik akan membuat otot dan organ tubuh kekurangan pasokan. Akibatnya tubuh mudah lelah, lemas, dan ngatuk.

Terhambatnya aliran darah juga bisa mempengaruhi hubungan rumah tangga. Pasalnya aliran darah tidak lancar juga bisa menyebabkan disfungsi ereksi. Pada akhirnya seorang suami tidak bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dalam memenuhi kebutuhan seksual pasangannya.

Untuk mengatasi aliran darah tidak lancar, seseorang perlu mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat. Rokok dan makanan tidak sehat wajib ditinggalkan. Nikotin dalam rokok terbukti merusak dinding arteri dan mengentalkan darah. Sehingga alirannya menjadi tidak lancar dan oksiken tidak mampu melewatinya.

Perbanyak minum air putih dan mulailah rutin berolah raga. Melakuka olah raga ringan, seperti squat dan yoga secara rutin bisa sangat membantu memperlancar aliran darah.

Tak lupa selalu mengonsumsi makanan atau minuman sehat, salah satunya dengan meminum ramuan pelancar darah. Pakar kesehatan herbal, dr Zaidul Akbar memberikan resep minuman pelancar darah dengan bahan, satu ruas jahe, satu ruas kunyit, satu ruas kencur, tiga hingga lima butir kapulaga, kayu manis dan gula aren secukupnya.

Bakar jahe, kunyit, dan kencur lalu iris tipis. Seduh dengan 300 mililiter air panas. Tambahkan kapulaga, kayu manis dan gula aren. Aduk dan biarkan sejanak agar semua bahan tercampur secara merata. Selanjutnya minum selagi hangat. Lakukan rutin dan dapatkan manfaatnya. Selain aliran darah lancar, jantung dan pencernaan menjadi lebih sehat.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila