Apakah Arti ‘Ratangga’, Nama MRT di Jakarta?
berita
Sumber Foto : jakartamrt.co.id
11 December 2018 17:10
Watyutink.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menutuskan moda transportsi MRT di Jakarta bernama Ratangga.

Tahukah Anda, apa arti kata Ratangga, yang kini menjadi nama MRT di Jakarta?

Dalam bahasa Jawa kuno, Ratangga artinya kereta perang yang menggambarkan ketangguhan, kekuatan dan kejuangan. Nama ini diperoleh dari Kitab Arjunawijaya dan Kitab Sitasoma karya Mpu Tantular, seorang pujangga yang hidup dijaman Majapahit.

Sementara akrinim MRT yang semula berarti Mass Rapid Trasit diubah menjadi Moda Raya Terpadu yang berarti angkutan cepat dan terpadu.

Anies berharap penamaan Ratangga bukan sekedar nama belaka. Namun mempunyai harapan agar  warga Jakarta dapat menggunakan kereta yang baik dan berjuang dalam ketangguhan. Ia berharap budaya Ratangga bisa diserap seluruh warga Ibu Kota  ?

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?             Kebutuhan Gas Dalam Negeri Harus Diutamakan             Blok Masela Jangan Diserahkan Sepenuhnya Kepada Asing             Hendaknya Jangan Berhenti pada Sisi Produksi             Konsumen Kritik Layanan, Seharusnya Dapat Penghargaan             Saatnya Perusahaan Old School Transformasi ke Dunia Digital             Temuan TPF Novel Tidak Fokus