Bahaya Minum Kopi Berlebihan, Sebabkan Gangguan Jantung, Pencernaan, Insomnia, Hipertensi, dan Kerusakan Otot
berita
Ilustrasi/ Net
16 March 2021 16:38
Watyutink.com – Kita sering mendengar orang mengatakan semua yang berlebihan tidak baik. Nasehat tersebut benar sekali dan juga berlaku untuk makanan serta minuman. Meski pada dasarnya sebuah jenis minuman atau makanan sehat, jika dikonsumsi secara berlebihan pasti akan menimbulkan akibat yang tidak baik, bahkan membahayakan.

Salah satunya adalah kopi. Minuman yang punya banyak penggemar ini sejatinya sehat. Rutin minum kopi diyakini mampu membuat tubuh lebih bugar. Kandungan nutrisi dan senyawa dalam kopi mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit, seperti kanker, diabetes, penyakit jantung dan parkinson.

Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, bukan manfaat yang didapat melainkan justru risiko berbagai masalah kesehatan. Bahkan meminum kopi dalam jumlah terlalu banyak bisa mengundang bahaya.

Tahukah Anda, apa saja bahaya akibat minum kopi berlebihan?

Kopi sejatinya adalah minuman sehat. Di dalam kopi terdapat berbagai nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh, seperti seperti riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, natrium, magnesium dan naicin. Selain itu kopi juga mengandung vitamin B2, B3, dan B5. Para ahli kesehatan menambahkan, kopi juga mengandung antioksidan yang bermanfaat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, penyebab beraneka macam penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, serangan jantung, dan gangguan syaraf.

Namun juga memilik efek samping, terutama jika diminum dalam jumlah berlebihan. Dalam artikel yang ditinjau oleh praktisi kesehatan dr Kevin Adrian dan dimuat di laman alodakter.com, disebutkan beberapa efek samping akibat terlalu banyak minum kopi. Efek samping tersebut kerap disebut dengan caffeinism. Salah satu efek samping yang kerap muncul adalah gangguan tidur atau insomnia. Kandungan kafein dalam kopi akan membuat seseorang lebih berkonsentrasi, selalu terjaga dan tidak mudah ngantuk. Namun asupan kafein berlebih akan membuat peminum kopi akan kesulitan tidur nyenyak, bahkan menderita insomnia.

Minum kopi berlebihan juga merisiko meningkatkan frekuensi buang air kecil. Pecandu kopi berlebihan akan lebih sering kencing akibat kandungan kafein yang juga bersifat diuretik yang memicu buang air kecil lebih sering. Itulah sebabnya terlalu sering minum kopi bisa mengakibatkan sering pula ke kamar kecil.

Sebagian orang minum kopi untuk mencari ketenangan, terutama jika diminum saat malam hari yang sunyi. Namun jika jumlah kopi yang dikonsumsi berlebihan, bukan ketenangan yang didapat. Minum kopi terlalu banyak ternyata justru menimbulkan gelisah. Hal ini merupakan efek dari meningkatnya kewaspadaan saat mengkonsumsi kopi. Efek stimulan ini ternyata bisa memicu perasaan gelisah, panik, bahkan cemas berlebihan.

Terlalu banyak minum kopi juga berisiko menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat. Selain itu irama detak jantung menjadi berubah dan tidak beraturan atau fibrasi atrium. Itulah sebabnya jika terasa gejala seperti itu, sebaiknya kurangi frekuensi minum kopi.

Minum kopi berlebihan juga bisa menyebabkan masalah pencernaan. Kopi diketahui juga memiliki efek pencahar. Hal ini menyebabkan usus beraktivitas lebih aktif. Akibat pergerakan usus yang lebih cepat, peminum kopi bisa lebih sering buang air besar (BAB). Selain itu minum kopi berlebihan juga berisiko menyebabkan gangguan pencernaan lain, seperti diare, maag dan penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD).

Efek negatif lain akibat terlalu banyak minum kopi adalah rhabdomyolysis dan  hipertensi atau darah tinggi. Rhabdomyolysis adalah kerusakan otot yang ditandi dengan munculnya rasa nyeri. Selain itu urine atau air seni akan berubah menjadi kemerahan atau keunguan.

Melihat berbagai efek negatif tersebut sebaiknya kopi tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Para ahli kesehatan menganjurkan minum kopi dalam sehari tidak lebih dari tiga cangkir. Pasalnya efek samping kopi bisanya muncul jika seseorang minumnya lebih dari empat cangkir setiap hari. Efek negatif konsumsi kopi berlebihan mungkin tidak muncul seketika. Efek buruk itu seringkali baru terasa dalam jangka panjang. Itulah sebabnya tidak ada salahnya mulai sekarang batasi konsumsi kopi Anda, jangan berlebihan agar manfaatnya bisa dirasakan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF