Beragam Fakta Tersembunyi Pulau Kalimantan, Lokasi Calon Ibu Kota Baru
berita

13 June 2020 09:00
Watyutink.com - Bukan Indonesia namanya jika tidak menyimpan keindahan bahkan misteri di setiap pulaunya. Keindahan bagaikan ‘kutukan’ yang tak dapat diangkat, konon Kalimantan juga menyimpan sejuta misteri keindahan dibalik hutannya yang masih menghijau membentang di garis khatulistiwa.

Seperti sudah kita ketahui, Presiden Joko Widodo telah secara resmi memutuskan akan memindahkan Ibu Kota ke Pulau Kalimantan. Lokasi calon Ibu Kota baru tepatnya berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Tahukah Anda, Pulau Kalimantan menyimpan misteri tersembunyi yang jarang diekspos?

Terdapat hutan tropis tertua di dunia. Borneo nama lain Kalimantan menyimpan hutan tropis tertua di dunia. Diprediksi hutan ini berusia 130 tahunan. Paru-paru dunia tertua ini menyimpan kekayaan flora dan fauna di dalamnya.

Kalimantan merupakan pulau terbesar ketiga di dunia. Kalimantan menempati urutan ketiga setelah Greenland di Denmark dan Papua. Kalimantan memiliki luas 743.330Km persegi. Tak disangka dibalik kekayaan alam yang melimpah ruah pulau ini juga luasnya tak bisa dianggap enteng. Saking luasnya pulau ini menanggung beban tiga negara, bagaimana tidak di Pulau Kalimantan terdapat negara Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Semoga akur ya dengan tetangga, apalagi Ibu kota akan pindah ke Borneo.

Merupakan habitat asli si hidung belang. Eits, jangan salah paham dulu ‘si hidung belang’ yang dimaksud adalah Bekantan. Bekantan merupakan satwa unik yang menyerupai kera, memiliki bulu warna cokelat cerah dan hidung besar. Itulah sebabnya dijuluki sebagai ‘si hidung belang’. Udah siap ketemu ‘si hidung belang’, belom nih? Hehehe

Lumba-lumba air di sungai Mahakam. Siapa yang tak tahu sungai Mahakam, selain karena panjangnya terdapat pula satwa unik di dalamnya, termasuk lumba lumba. Sunga Mahakam membentang dari Kutai Barat sampai Kutai Kartanegara sehingga sungai ini menjadi alat transportasi lokal.

Masjid termegah dan terbesar kedua di Asia Tenggara. Pertanyaannya yang pertama dimana? Istiqlal dong! Kalimantan juga mempunyai masjid nan megah. Jika anda singgah ke Kalimantan jangan lupa berkunjung yaa!

Terdapat suku Banjau, yang tidak memiliki kewarganegaraan. Suku ini merupakan suku pengembara yang tersebar di Indonesia (Kalimantan), Malaysia dan Filipina. Suku Banjau berasal dari Filipina Selatan namun negara asalnya tak mengakui status suku Banjau secara legal. Suku ini bertahan hidup dengan menerjang badai lautan sebagai pengembara. Diketahui bahwa suku Banjau, tak bisa baca tulis, tak tahu usia mereka, penyelam yang handal, dan bahkan dari lahir sampai mati berada di perahu.

Terdapat suku gaib. Suku Paloh berada di Kalimantan Barat berbatasan langsung dengan Malaysia. Diyakini bahwa suku Paloh ini memiliki pasukan gaib yang khusus untuk melindungi wilayah tempat tinggal mereka.

Setiap jengkal tanah di Indonesia memang selalu punya cerita. Mari lebih mengenal Indonesia untuk dapat mencintai Indonesia lebih lagi dan lebih lagi. (yed)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF