Beragam Manfaat Daun Sirih, Obati Asma, Sakit Mata, Sembelit, Asam Urat, dan Sakit Gigi
berita
Daun Sirih/ Net
07 January 2021 16:15
Watyutink.com – Siapa yang tidak tahu daun sirih. Tanaman ini sudah sering tampil dalam berbagai acara-acara tradisional, seperti perkawinan. Pasalnya daun sirih dalam adat Jawa melambangkan kesejahteraaan. Itulah sebabnnya dalam perkawinan adat Jawa, daun sirih menjadi salah satu seserahan yang wajib diberikan calon mempelai pria ke calon mempelai wanita.

Namun daun sirih juga dikenal orang karena kerap dimanfaatkan sebagai obat untuk berbagai jenis penyakit atau gangguan kesehatan. Itulah sebabnya daun sirih banyak dibudidayakan dan ditanam di halaman atau pekarangan rumah. Tujuannya agar jika sewaktu-waktu diperlukan bisa diambil dengan mudah.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun sirih bagi kesehatan?

Daun sirih bisa dikenali dengan mudah lantaran bentuknya yang menyerupai hati. Selain itu daun yang bernama latin piper betle ini dikenal lantaran memiliki rasa dan aroma yang sangat khas. Daun sirih sudah di gunakan sebagai bahan obat-obatan sejak 400 tahun sebelum masehi di berbagai negara, seperti Sri Lanka, India, Malaysia, dan Indonesia.

Para ahli kesehatan mengatakan daun sirih kayaakan kandungan senyawa atau zat yang beguna sebagai obat-obatan. Kandungan senyara tersebut antara lain tiamin, niasing, riboflavin dan karoten. Daun sirih juga mengandung minyak atsiri yang terdiri dari betelfenol, kavikol, seskuiterpen, hidroksikavinol, kavibetol, estragol, eugenol, dan kavrakol. Minyak atsiri inilah yang berguna melawan beberapa bakteri penyebab penyakit. Daun sirih juga mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan.

Salah satu manfaat daun sirih adalah sebagai obat sakit asma dan saluran pernafasan lainnya. Caranya, ambil empat atau lima lembar daun sirih. Rebus dengan dua gelas ukuran sedang air. Bisa juga ditambahkan kapulaga, cengkih, dan kayu manis. Biarkan sampai mendidih dan tersisa satu gelas saja. Minum air rebusan tersebut dengan rutin sebanyak dua atau tiga gelas sehari.

Daun sirih juga bisa menyembuhkan batuk dan radang tenggorokan. Caranya rebus lima lembar daun sirih dengan sekitar dua gelas ukuran sedang air. Biarkan mendidih sampai tersisa satu gelas saja. Minum air rebusan tersebnut dua gelas sehari.

Daun sirih juga berguna mengatasi sembelit atau susah buang air besar (BAB). Pasalnya daun sirih juga juga memiliki fungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkap efek buruk radikal bebas, penyebab berbagai penyakit, termasuk gangguan pencernaan. Untuk mengatasi sembelit caranya, tumbuk lima lembar daun sirih sampai halus. Rendam tumbukan daun sirih itu dalam segelas air dan biarkan selama semalam. Keesokan harinya minum air rendaman itu pada pagi hari saat perut kosong.  

Daun sirih juga bermanfaat untuk menyembuhkan sakit mata. Caranya rebus satu atau dua lembar daun sirih dengan dua gelas ukuran sedang air. Biarkan sampai mendidih dan tersisa satu gelas saja. Tunggu sampai benar-benar dingin. Gunakan air rebusan daun sirih itu untuk mengompres mata yang sedang sakit. Bisa juga digunakan untuk obat tetes mata.

Daun sirih juga berguna sebagai obat asam urat. Ambil delapan lembar daun sirih yang masih muda. Rebus dengan dua gelas ukuran sedang air, biarkan sampai mendidih dan tersisa satu gelas saja. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Daun sirih juga bisa menjadi obat gosok untuk mengatasi pegal atau nyeri punggung. Caranya, haluskan beberapa lembar daun sirih. Campur dengan minyak kelapa dan gunakan untuk memijit bagian punggung yang sakit atau nyeri.

Daun sirih juga berguna mengobati sakit gigi. Caranya rebus satu atau dua lembar daun sirin dengan dua gelas air. Biarkan sampai mendidih. Tunggu sampai hangat atau dingin dan gunakan untuk berkumur. Lakukan berulang kali sampai sakit gigi sembuh. Berkumur dengan air rebusan daun suruh juga berguna menghilangkan bau mulut tidak sedap.

Sedangkan untuk mengobati mimisan caranya, gulung daun sirih tunggu sampai agak layu. Masukkan daun sirih tersebut ke dalam hidung yang mimisan. Hal ini berguna untuk menghentikan dan menyumbat pendarahan.  

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

A.S. Laksana

Sastrawan, pengarang, kritikus sastra dan wartawan