Beragam Manfaat Dibalik Lezatnya Jantung Pisang
berita

11 March 2019 16:50
Watyutink.com - Selama ini orang mengenal jantung pisang sebagai bahan untuk makanan tradisional. Rasanya yang gurih dan lezat membuat bahan makanan yang juga bernama Ontong ini disukai banyak orang. Terutama jika dimasak dengan bumbu kacang dan santan.

Namun siapa sangka dibalik rasanya yang lezat, jantung pisang juga menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan manusia.

Tahukah Anda, apa saja manfaat jantung pisang bagi kesehatan?

Jantung pisang diketahui kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas dalam tubuh. Itulah sebabnya jantung pisang bisa bermanfaat seperti suplemen bagi tubuh yang bisa menurunkan risiko terserang penyakit berbahaya seperti kanker. Selain itu jantung pisang juga bisa mencegah penuaan dini.

Jantung pisang ternyata juga memiliki kandungan etanol yang bermanfaat untuk mengobati infeksi pada tubuh. Mengkonsumsi jantung pisang diyakini dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang membuat infeksi semakin melebar. Jantung pisang juga bisa menyembuhkan luka dan mencegah pertumbuhan malaria dalam tubuh.

Jantung pisang juga berguna bagi para wanita. Pasalnya jantung pisang dapat menormalkan perdarahan akibat menstruasi yang tidak normal. Wanita yang menstruasinya tidak normal sering mengeluarkan darah dari rahim. Untuk itu disarankan mengonsumsi jantung pisang dan yoghurt. Kedua bahan tersebut dapat membuat mengurangi darah yang keluar dan mengembalikan kebugaran tubuh pasca kehilangan banyak darah.

Bagi ibu yang sedang menyusui jantung pisang berguna untuk meningkatkan produksi air susu ibu. Selain itu ramuan jantung pisang yang dicampur beberapa rempah-rempah juga bisa menjaga kesehatan rahim serta mengatasi sembelit yang terjadi setelah melahirkan.

Jantung pisang juga dipercaya mampu mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan hemoglobin dalam tubuh. Itulah sebabnya jantung pisang baik dikosumsi para penderit diabetes. Selain itu, kandungan serat dan zat besi pada jantung pisang dapat membantu memproduksi sel darah merah. Sehingga dapat menghindarkan diri dari anemia dan mudah lemas saat beraktivitas.

Meskipun memliki banyak manfaat tapi tetap disarankan mengkonsumsi jatung pisang dalam jumlah yang tidak berlebihan. Pasalnya segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Nanang Djamaludin

Direktur Eksekutif Jaringan Anak Nusantara (JARANAN), Konsultan Keayahbundaan dan Perlindungan Anak.

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Rekonsiliasi ala Amien Rais Tidak Beretik Demokrasi             Indonesia Butuh Rupiah Kuat             Pembangunan Kodim untuk Wilayah 3T Urgen             Harus Disesuaikan dengan Kebutuhan dan Ancamanya             Rekonsiliasi Transaksional Rusak Mental Bangsa             Tak Ada Rekonsiliasi Tanpa Power Sharing             Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan