Beragam Manfaat Dibalik Rasa Asam Belimbing Wuluh, Mampu Kontrol Gula dan Tekanan Darah
berita

01 July 2019 16:40
Watyutink.com – Salah satu tanaman yang sering digunakan untuk bahan masakan adalah belimbing wuluh. Rasanya yang asam namun segar menjadikan buah belimbing wuluh sangat tepat untuk bahan membuat sayur asem, aneka sup, dan beberapa menu masakan lainnya.

Ternyata selain cocok untuk bahan masakan, belimbing wuluh juga banyak mengandung zat yang bermanfaat untuk kesehatan. Itulah sebabnya tanaman ini sudah lama dikenal sebagai salah satu bahan pembuat ramuan herbal. Belimbing wuluh dipercaya mengandung beragam manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan?

Belimbing wuluh memiliki nama latin Averrhoa bilimbi dan termasuk dalam genus Averrhoa dan famili Oxalidaceae. Tanaman yang masih bersaudara dengan belimbing atau stafruit ini banyak ditemukan di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Belimbing wuluh diketahui memiliki kandungan zat gizi seperti protein, serat, dan mineral. Sedangkan kandungan vitamin yang terdapat dalam buah sebesar ibu jari orang dewasa ini antara lain vitamin A, C, dan B Kompleks. Sedangkan kandungan mineral pada belimbing wuluh antara lain fosfor, kalsium, dan zat besi. Selain itu, belimbing wuluh juga mengandung antioksidan dan astringen.

Kadungan mineral dan vitamin tersebut membuat belimbing wuluh ampuh mengobati berbagai penyakit, salah satunya membantu meredakan batuk dan pilek. Ekstrak belimbing wuluh bisa ditambahkan ke obat batuk atau pilek yang akan kita minum. Rasa asam dari belimbing wuluh dapat membantu menyembuhkan batuk dan pilek lebih cepat.   

Kadungan vitamin C dalam belimbing  wuluh juga menyebabkan buah ini baik untuk meredakan demam dan flu. Pasalnya vitamin C dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda terserang demam atau flu, rebuslah buah belimbing wuluh. Minum secara rutin air rebusan tersebut hingga demam atau flu mereda.

Belimbing wuluh juga dapat mengatasi alergi atau hipersensitiv. Biasanya alergi disebabkan oleh makanan, obat, udara, debu dan sebagainya. Seseorang bisa terkena alergi karena ada masalah pada sistem kekebalan tubuh.

Jika Anda terkena alergi, cobalah mengosumsi ramuan belimbing wuluh. Caranya sangat mudah, dengan mengolah belimbing wuluh menjadi jus. Minumlah jus belimbing wuluh dengan teratur hingga alergi Anda berkurang dan sembuh.

Jus belimnbing wuluh juga bermanfaat bagi penderita penyakit diabetes atau kencing manis. Pasalnya jus belimbing wuluh dapat mengontrol dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain dalam bentuk jus, untuk menurunkan kadar gula darah Anda juga bisa mengonsumsi belimbing wuluh yang sudah direbus.

Manfaat belimbing wuluh yang lain adalah untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Caranya rebuslah beberap buah belimbing wuluh. Jika sudah cukup matang, makanlah belimbing wuluh yang sudah direbus tersebut sambil meminum air rebusannya. Jika Anda rutin mengonsumsinya, terutama saat pagi hari niscaya tekanan darah tubuh akan berangsur normal.

Rutin mengonsumsi ramuan belimbing wuluh juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit wasir. Belimbing wuluh sangat bermanfaat meredakan rasa nyeri yang diakibatkan pembengkakan pada wasir.

Belimbing wuluh dapat digunakan untuk melawan bakteri yang masuk melalui gigitan serangga. Pasalnya batang dan daun belimbing wuluh memiliki sifat antibiotik yang bisa mengatasi infeksi kuman akibat gigitan serangga. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, caranya dengan menghaluskan daun dan batang pohon belimbing wuluh. Setelah halus, campurlah bersama bawang putih hingga menjadi seperti pasta. Oleskan pasta ramuan tersebut di kulit yang digigit serangga.

Belimbing wuluh juga ampuh digunakan untuk mengobati penyakit gondongan. Beragam zat yang terkandung dalam batang dan daun belimbing wuluh dapat melawan virus gondongan. Caranya ambil daun dan batang pohon belimbing wuluh yang masih muda. Haluskan bersama bawang putih hingga menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut di leher yang bengkak akibat gondongan.

Belimbing wuluh juga dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Pasalnya buah ini mengandung kalsium dan fosfor yang sangat bermanfaat untuk menjaga gigi dan tulang tetap sehat. Manfaat yang diperoleh dari belimbing wuluh sama dengan jika Anda mengonsumsi sumplemen untuk tulang dan gigi.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir             Banyak Hal Harus Dibenahi dengan kebijakan Strategis dan Tepat             Pertumbuhan Konsumsi Berpotensi Tertahan             Amat Dibutuhkan, Kebijakan Pertanian yang Berpihak pada Petani!