Beragam Manfaat Makan Martabak, Sehatkan Jantung, Mata, Pencernaan dan Cegah Kegemukan
berita
Sumber Foto : grid.id
09 October 2021 15:00
Watyutink.com - Martabak adalah salah satu makanan paling populer. Meski bukan asli Nusantara tapi makanan ini sangat digemari di Indonesia. Penjualnya sangat banyak, mulai dari pedagang kaki lima sampai rumah makan elite juga menyajikan makanan ini.

Bahkan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka juga berjualan martabak. Gibran yang kini menjabat Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah itu mempunyai produk bernama Martabak Markobar.

Ternyata selain nikmat disantap, martabak adalah makanan sehat. Pasalnya makanan ini dibuat menggunakan bahan-bahan yang mempunyai kandungan gizi beragam. Hal inilah yang membuat martabak mempunyai manfaat untuk kesehatan.

Tahukah Anda apa saja manfaat martabak bagi kesehatan?

Martabak sejatinya berasal dari Timur Tengah. Kata " Martabak" dalam bahasa Arab artinya terlipat. Mungkin lantaran dalam proses pembuatannya harus dilipat hingga menjadi bentuk seperti martabak yang dikenal saat ini.

Di Indonesia, martabak kadang juga disebut martabak telur atau martabak asin. Hal ini untuk membedakan dengan kue terang bulan yang juga disebut martabak manis. Martabak dibuat dengan bahan dasar telur bebek atau ayam, daging cincang dan aneka sayur dan bawang.

Dalam satu porsi martabak telur terkandung nutrisi berupa 200 kilokalori energi; 8,9 gr protein; 29,5 gram karbohidrat; dan 5,1 gram lemak. Selain martabak juga menyimpan 0,06 miligram kalsium 1,85 miligram zat besi dan 160 IU atau 0,048 miligram vitamin A.

Kandungan nutrisi tersebut menjadikan martabak telur bermanfaat untuk menghasilkan energi atau tenaga bagi tubuh. Senyawa dalam martabak juga membantu tubuh mengolah energi dan kalori menjadi tenaga yang digunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Martabak juga baik untuk kesehatan jantung. Pasalnya kudapan ini memiliki kandungan protein yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Nutrisi dalam martabak diyakini membuat jantung berfungsi dengan baik dan terhindar dari berbagai resiko penyakit jantung.

Martabak juga mempunyai fungsi sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari paparan radikal bebas pemicu berbagai penyakit. Hal ini menjadikan tubuh tidak mudah sakit akibat serangan virus, bakteri dan cacing. Antioksidan yang terkandung dalam martabak juga berguna meningkat sistem imun atau kekebalan tubuh. Pasalnya kandungan senyawa dalam bahan pembuat martabak adalah komponen penting dalam penyusun enzim dan bahan-bahan lain dalam tubuh seperti katalase.

Martabak telur juga berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh. Fungsi ini lantaran martabak memiliki kandungan zat besi menjadi salah satu unsur penting pengatur suhu tubuh. Zat besi dalam martabak akan membuat suhu tubuh tetap normal dan baik untuk kesehatan.

Bagi Anda yang memiliki masalah berat badan, martabak bisa menjadi solusi. Makanan yang enak dimakan hangat ini diketahui mengani zat anti-inflamasi yang  dapat membantu mengatur lemak dalam tubuh anda. Senyawa dalam martabak membantu mencegah pre adiposit dalam tubuh berubah menjadi lemak. Jika tidak terlalu banyak menyimpan kandungan lemak, berat badan akan ideal dan tubuh pun terhindar dari kegemukan.

Martabak juga berguna untuk pencernaan. Para ahli menyebut mengonsusmi martabak telur bisa membantu proses pembuangan racun di dalam tubuh. Hal ini membuat tubuh terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar (BAB).

Kandungan vitamin A dalam martabak diyakini baik untuk kesehatan mata. Itulah sebabnya sangat disarankan makan martabak secara rutin untuk mendapatkan mata yang indah dan berfungsi dengan baik. Selain itu martabak telur juga baik untuk mencegah radang tenggorokan.

Penyakit ini biasanya muncul saat pergantian musim atau akibat terlalu banyak minum es. Jika memilki tenggorokan sensitif, makan martabak bisa menjadi alternatif menyembuhkannya.

Martabak telur juga memiliki kandungan senyawa yang mampu merangsang hormon yang membuat suasana hati menjadi lebih baik. Itulah saat sedang suntuk atau gelisah, tidak ada salahnya dibatasi dengan makan martabak.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF