Berbagai Manfaat Cengkeh, Menyehatkan Hati, Lambung, dan Tulang
berita

09 March 2019 17:45
Watyutink.com - Cengkeh adalah salah satu rempah-rempah yang banyak tumbuh di Nusantara. Konon gara-gara ingin mengusai cengkeh, Belanda menjajah Indonesia selama beratus-ratus tahun. Tak aneh jika cengkeh menjadi rebutan. Pasalnya rempah-rempah ini mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Selama ini cengkeh banyak digunakan sebagai campuran makanan, minuman, hingga rokok.   

Padahal, sebenarnya cengkeh mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Tahukah Anda, apa saja manfaat cengkeh bagi kesehatan manusia?

Cengkeh berasal dari tangkai kering bunga pohon Mirtaceae. Sejak berabad-abad cengkeh yang memiliki  nama latin syzygium aromaticum dikenal sebagai obat herbal. Selain itu cengkeh sering digunakan sebagai bahan aroma terapi selain juga obat oles untuk meredakan sakit gigi.

Penelitian yang dilakukan para ahli mengatakan dalam dua gram cengkeh terdapat kandungan energi sebesar 21 kalori, serat dan karbohidrat masing-masing satu gram. Selain itu juga mengandung nutrisi lain seperti kalium, mangan, kalsium, magnesium, natrium, zinc, folat, antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Beragam nustrisi itulah yang membuat cengkeh bisa menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya untuk mengatasi sakit gigi. Senyawa eugenol dalam cengkeh diyakini mampu mengurangi nyeri di gigi dan gusi. Beberapa penelitian mengungkapkan senyawa eugenol efektif meredakan rasa sakit, peradangan, dan infeksi.

Kandungan eugenol dalam cengkeh dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan organ hati. Eugenol dalam cengkeh juga mampu mencegah sirosis. Namun hal ini masih membutuhkan penelitian lebih mendalam.

Cengkeh juga dapat menyehatkan lambung dan membantu  mengobati penyakit tukak lambung yang terjadi akibat meningkatnya asam lambung. Cengkeh yang diubah menjadi minyal esensial bisa meningkatkan produksi lendir lambung yang bisa menghalangi asam lambung dan mencegah luka pada dinding lambung.

Cengkeh juga bisa menjaga kesehatan tulang dan menghindarkan dari osteoporosis. Pasalnya cengkeh memiliki kandung mangan yang dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Minyak esensial cengkeh juga memiliki sifat antibakteri yang mampu menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Salah satunya adalah bakteri E-coli penyebab penyakit diare. Cengkeh juga membantu menjaga kesehatan mulut dan menghentikan pertumbuhan berbagai jenis bakteri di mulut.

Namun perlu diingat, cengkeh juga memiliki efek samping, berupa reaksi alergi, iritasi kulit dan gusi, gangguan hati, serta penghambatan terhadap obat pengencer darah. Itulah sebabnya pemberian cengkeh sangat tidak dianjurkan bagi anak-anak, ibu hamil dan menyusui. Jika ingin tetap menggunakannya, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?             Kebutuhan Gas Dalam Negeri Harus Diutamakan             Blok Masela Jangan Diserahkan Sepenuhnya Kepada Asing             Hendaknya Jangan Berhenti pada Sisi Produksi             Konsumen Kritik Layanan, Seharusnya Dapat Penghargaan             Saatnya Perusahaan Old School Transformasi ke Dunia Digital             Temuan TPF Novel Tidak Fokus