Berbagai Manfaat Dalam Buah Sukun, Tapi Sebaiknya Jangan Digoreng
berita
Sumber Foto : bangka.tribunnews.com
26 April 2019 16:50
Watyutink.com – Mungkin ada beberapa dari Anda yang tidak mengetahui buah sukun. Buah ini lebih banyak dikenal saat sudah menjadi makanan seperti sukun goreng atau kripik sukun. Padahal buah ini tidak hanya bermanfaat untuk makanan ringan atau camilan. Terutama manfaat untuk kesehatan manusia.

Tahukan Anda, apa saja manfaat buah sukun bagi kesehatan?

Buah sukun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan lantaran mengandung berbagai nutrisi. Dalam 220 gram buah sukun terkandung energi sebesar 227 kalori, dan lemak 0,5 gram. Selain itu sukun juga mengandung 59,7 gram karbohidrat, 10,8 gram serat, dan 2,4 gram protein. Sukun juga memiliki kandungan vitamin C dan B serta mineral, seperti kalsium, fosfor, dan zat besi.

Dalam berat yang sama, buah yang bernama latin Artocarpus altilis ini mampu mencukupi kebutuhan 11 persen kebutuhan energi orang dewasa, satu persen kebutuhan lemak, 20 persen kebutuhan karbohidratm, dan 43 persen kebutuhan serat.

Itulah sebabnya dr. Mercola’s Food Facts mengatakan buah sukun dapat membuat seseorang kenyang lebih lama.

Penelitian para ahli kesehatan juga menyatakan buah sukun dapat membantu menangkal  efek negatif dari radikal bebas. Pasalnya buah sukun mengandung senyawa phenolic dan flavonoid yang bersifat antioksidan. Beberapa jenis buah sukun, terutama yang berwarna kuning atau oranye juga memiliki kandungan antioksidan xanthin dan lutein yang juga memiliki manfaat antioksidan.

Sedangkan kadungan serat dalam buah sukun diyakini dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Selain itu sukun bisa mencegah penyerapan kolesterol dalam pencernaann. Selain itu kandungan serat dalam sukun dapat menurunkan tekanan darah, melindungi usus dari kanker, dan mencegah obesitas atau kelebihan berat badan.

Buah sukun segar diketahui memiliki kandungan kalium, zat besi, dan berbagai mineral yang dapat menjaga denyut jantung dan tekanan darah menjadi lebih stabil. Selain itu sukun juga bisa memiliki kandungan senyawa fitokimia yang dapat membantu mencegah penyempitan dan pengerasan pembuluh darah akibat timbunan kolesterol.

Buah sukun diketahui juga kaya akan vitamin C. Bahkan kandungan vitamin C dalam buah sukun tak kalah besarnya dengan buah jeruk. Kandungan vitamin C ini membuat sukun dapat membantu menangkal tubuh dari serangan penyakit. Selain itu vitamin C dalam buah sukun juga turut membantu menangkal radikal bebas.

Meski memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, namun dianjurkan tidak memakan buah sukun dalam jumlah berlebihan. Pasalnya buah sukun juga memiliki efek samping, salah satunya bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Pasalnya dalam kondisi mentah, buah sukun memiliki getah yang bisa menyebabkan gatal-gatal.

Jika dimasak dengan tidak benar-benar matang, buah sukun bisa menyebabkan sariawan. Itulah sebabnya saat mengkonsumsi buah sukun dianjurkan mengiringinya dengan banyak minum air putih. Selain itu dianjurkan pula untuk tidak mengkonsumsi sukun goreng atau kripik sukun secara berlebihan. Terutama jika digoreng menggunakan minyak yang telah digunakan berulangkali.

Pasalnya makan sukun goreng atau kripik sukun secara berlebihan bisa menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Selain itu menggoreng sukun bisa menghilangkan atau menurunkan kualitas nutrisi dalam buah sukun. Sebaiknya buah sukun diolah dengan cara dikukus atau direbus.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

Nanang Djamaludin

Direktur Eksekutif Jaringan Anak Nusantara (JARANAN), Konsultan Keayahbundaan dan Perlindungan Anak.

FOLLOW US

Tim Teknis Bikin Boros Anggaran Saja             Presiden dan Kapolri Perlu Ambil Sikap Tegas             Fungsi Hutan Tidak Hanya dari Aspek Ekonomi              Kodim Lakukan Pendekatan Pembinaan Teriorial Bukan Pendekatan Operasi Tempur             Lingkungan Baik Ciptakan Anak Sehat             Anak Memiliki Bakat dan Kecerdasan yang Berbeda             Indonesia Bakal Menuai Musibah Electronic Sports             Pemekaran Kodim vis a vis Visi Pertahanan Negara Poros Maritim Dunia             Menggugat Peran Keluarga  Dalam Perlindungan Anak             Anak, Tanggung Jawab Bersama