Berbagai Manfaat Yogurt, Menurunkan Tekanan Darah, Menyehatkan Pencernaan dan Jantung
berita

21 June 2019 16:55
Watyutink.com – Beberapa waktu belakangan ini masyarakat Indonesia mulai familiar dengan yogurt. Padahal sebelumnya makanan olahan susu ini masih asing bagi lidah sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan ada yang menyebut yogurt dengan sebutan ‘susu basi.’ Hal ini tak lepas dari rasa yogurt yang cenderung asam.

Namun seiring perjalanan waktu, orang Indonesia semakin memahami manfaat mengonsumsi yogurt. Kini perlahan namun pasti, yogurt menjadi menu wajib bagi sebagian orang. Mereka yang menerapkan pola hidup sehat bahkan menjadikan yogurt sebaga santapan wajib.

Tahukah Anda, apa saja manfaat yogurt bagi kesehatan?

WebMD, sebuah korporasi di Amerika Serikat yang fokus pada isu-isu kesehatan melansir sebuah penelitian yang menunjukkan orang dewasa yang mengonsumsi yogurt dua hingga tiga porsi setiap hari mengalami penurunan tekanan darah hingga 50 persen dibandingkan orang yang tidak makan yogurt.  

Itulah sebabnya yogurt diyakini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Pasalnya kandungan kalium dalam yogurt dapat membilas kelebihan natrium dalam tubuh. Padahal natrium adalah mineral yang berperan pada peningkatan tekanan darah.

Selain itu yogurt adalah sumber protein yang sangat baik. Protein adalah mineral yang sangat diperlukan tubuh untuk beraktivitas. Kekuragan protein dapat berakibat berbagai macam gangguan, seperti kesulitan berpikir jernih; rambut, kulit, dan kuku yang mudah rapuh; hingga kehilangan massa otot. Protein juga berperan membantu menstabilkan tekanan darah.

Setelah berolah raga seseorang kerap merasa lapar. Yogurt adalah pilihan terbaik untuk ‘mengganjal’ perut. Selain itu mengonsumsi yogurt juga bisa menghindarkan kita makan berlebihan setelah berolah raga. Kombinasi protein dan karbohidrat dalam yogurt dapat menggantikan energi yang hilang saat berolah raga dengan lebih cepat. 

Disarankan saat makan yogurt disertai dengan asupan air putih yang cukup. Hal ini membuat proses rehidrasi dalam tubuh berjalan dengan singkat.

Manfaat yogurt yang lain adalah membantu memperlancar sistem pencernaan. Yogurt diketahui mengandung probiotik atau bakteri baik yang membantu menyingkirkan bakteri jahat penyebab infeksi dalam usus. Hal inilah yang membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

Yogurt juga baik untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium dalam yogurt sangat dibutuhkan untuk kesehatan gigi dan tulang. Terlebih yogurt juga mengandung vitamin D yang dapat menghindarkan kita dari osteoporosis atau pengeroposan tulang. Selain itu, asam laktat pada yoghurt juga berfungsi untuk melindungi gusi dari infeksi.

Yogurt juga kaya akan vitamin B kompleks, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, selenium, dan zink. Kandungan vitamin B12 pada yoghurt bermanfaat untuk membantu meningkatkan fungsi sistem saraf. Selain itu yogurt juga bisa melindungi kita dari penyakit jantung.

Berbagai mineral dan gizi penting dalam yogurt juga membantu meningkatkan produksi sel T yakni salah satu sel darah putih dalam tubuh yang berfungsi untuk melawan penyakit. Itulah sebabnya rutin mengonsumsi yogurt dapat membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

Banyak ahli kesehatan yang menyebut yogurt sebagai camilan sehat. Pasalnya yogurt tidak menyebabkan gemuk. Kandungan probiotik, protein, dan kalsium dalam yogurt akan memicu produksi hormon antilapar, seperti GLP-1 dan peptide YY. Itu sebabnya makan yogurt membuat kita lebih cepat kenyang, sehingga tidak akan tergoda untuk makan lagi sampai waktu makan berikutnya.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?             Kebutuhan Gas Dalam Negeri Harus Diutamakan             Blok Masela Jangan Diserahkan Sepenuhnya Kepada Asing             Hendaknya Jangan Berhenti pada Sisi Produksi             Konsumen Kritik Layanan, Seharusnya Dapat Penghargaan             Saatnya Perusahaan Old School Transformasi ke Dunia Digital             Temuan TPF Novel Tidak Fokus