Berbahaya Untuk Lambung, Sebaiknya Hindari Minum Kopi Saat Berbuka Puasa
berita

15 May 2019 16:55
Watyutink.com – Anda pencinta kopi, mulut terasa kurang enak kalau belum meneguk minuman berwarna hitam beraroma kuat ini? Jika benar, maka bisa jadi kopi menjadi minuman yang pertama Anda cari saat berbuka puasa. Lidah dan mulut akan terasa nyaman saat menyruput secangkir kopi setelah seharian tidak minum saat berpuasa.

Tahukah Anda, langsung minum kopi saat berbuka puasa ternyata tidak baik bagi kesehatan?

Saat berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman selama sekitar 12 hingga 14 jam. Itulah sebabnya saat berbuka puasa sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi.

Kopi sejatinya adalah minuman yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Pasalnya mengkonsumsi kopi bisa menurunkan risiko terkena diabetes. Selain itu kopi mempunyai fungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Namun kopi diketahui memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Kondisi ini menurut para ahli kesehatan dapat membahayakan lambung. Pasalnya mengkonsumsi kopi dalam kondisi perut kosong berpotensi meningkatkan asam lambung dan bisa merusak lapisan lambung.

Jika dilakukan dalam waktu lama, maka hal ini dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, terutama sistem pencernaan. Bahkan kebiasaan ini bisa mengganggu kelancaran ibadah puasa.

Selain itu mengkonsumsi kopi juga bisa menyebabkan efek diuretik yang menyebabkan seseorang jadi lebih sering buang air kecil. Padahal saat berpuasa, tubuh membutuhkan asupan air yang lebih banyak. Sebab selama berpuasa tubuh kekurangan cairan. Hal serupa juga terjadi jika minum kopi saat sahur. Seringnya buang air kecil rentan menyebabkan tubuh kehilangan cairan dan menyebabkan dehidrasi.

Bagi penderita maag, sangat tidak dianjurkan minum kopi saat berbuka puasa. Pasalnya kafein dapat mengiritasi lambung dan memicu maag kambuh.

Pakar kesehatan menyarankan selama bulan puasa, kita lebih banyak minum air putih. Selain itu  disarankan mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka, melon, dan sebagainya.  

Kalau pun ingin minum kopi, sebaiknya jangan terlalu pekat. Hal ini dirasa lebih aman bagi sistem pencernaan, terutama kesehatan lambung. Namun sebaiknya kopi dinikmati setelah perut terisi.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

FOLLOW US

People Power and Power of Love             Polisi Tak Boleh Berpolitik             Laksanakan Reformasi Perpajakan Secara Konsekuen             Tunjukkan Sikap Politik yang Matang             Menagih Janji Deregulasi dan Perbaikan Infrastruktur Investasi             Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting             Sektor Pertanian Masih Gunakan Paradigma Lama             Gelombang Spekulasi Politik             Demokrasi Tanpa Jiwa Demokrat