Berpikir Positif Bisa Memperpanjang Umur
berita

27 May 2019 13:40
Watyutink.com - Di dalam kehidupan, memang ada saja hal-hal negatif yang tidak menyenangkan. Sepertinya Anda dihadapkan pada sebuah tantangan dalam hidup yang begitu sulit dijalani. Hal ini lantas membuat isi otak dipenuhi oleh pikiran negatif dan mungkin terjebak di dalam situasi tersebut.

Jika ini yang dirasakan dan dipikirkan, maka baiknya ubah kebiasaan tersebut dan berpikirlah positif. Karena faktanya, ada sejumlah manfaat berpikir positif. 

Tahukah Anda, apa saja manfaat berpikir positif bagi kesehatan tubuh?

Para peneliti telah menemukan manfaat yang luar biasa dari sikap optimis dalam berpikir positif. Temuan tersebut menunjukkan bahwa berpikir positif tidak hanya mempengaruhi kondisi tubuh agar tetap sehat dan mengurangi stres, namun berpikir positif mampu menunjukkan pengaruh pada kondisi seseorang secara keseluruhan sehingga mampu memperpanjang usia seseorang. Alasannya, tentu saja karena sebagian wanita tersebut memiliki sifat optimistis di dalam dirinya. 

Penelitian ini melibatkan para wanita yang sudah memasuki periode menopause, di mana dari para wanita tersebut, sebagian di antaranya memiliki potensi usia yang lebih panjang ketimbang mereka yang pikirannya pesimis.

Masih dari studi yang sama, kelompok wanita yang memiliki sifat optimistis tersebut juga lantas merasakan manfaat berpikir positif yang lainnya, yakni terhindar dari risiko yang lebih kecil untuk menderita penyakit gula darah (diabetes). Tak hanya itu, mereka yang pikirannya dipenuhi optimisme juga dapat meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh.

Sebuah studi di tahun 2003 di New York Times menyatakan sebaliknya, bahwa pikiran negatif diklaim hanya akan melemahkan respon terhadap kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan adanya aktivitas listrik yang besar di bagian otak ketika Anda berpikir negatif.

Selain itu, manfaat berpikir positif mampu mencegah Kanker. Penyakit mematikan yang disebabkan oleh rusaknya sel-sel tubuh akibat serangan radikal bebas harus memenuhi asupan zat antioksidan dan vitamin di dalam tubuh. Mencegah kanker bisa dilakukan dengan cara selalu berpikiran positif setiap hari. 

Di dalam sebuah penelitian ditemukan fakta yang menunjukkan, jika orang-orang yang hidupnya senantiasa dipenuhi pikiran positif dan optimisme, maka akan memiliki risiko terkena penyakit kanker 23 persen lebih rendah ketimbang mereka yang selalu berpikiran negatif.

Dengan berpikir positif mampu mengendalikan berbagai hal-hal negatif yang sedang dihadapi. Percaya atau tidak, berpikir positif membuat beban yang ada di hidup kita menjadi berkurang. Kalaupun ada masalah, berpikir positif efektif membantu Anda dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Jadi, tidak ada salahnya untuk Anda senantiasa berpikir positif dan optimis jika ingin memiliki umur yang panjang dan terhindar dari penyakit. (lien)

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir