Buah Kersen, Tanaman Penenduh yang Kaya Manfaat, Obati Asam Urat, Diabetes, dan Hipertensi
berita
Buah Kersen/ Net
29 December 2020 14:10
Watyutink.com – Buah kersen sudah sangat dikenal. Pasalnya buah ini banyak tumbuh di berbagai tempat. Namun sayangnya buah kersen jarang disajikan di atas meja, layaknya apel, pisang, atau jeruk. Pohon kersen justru lebih sering berfungsi sebagai tanaman penuduh. Itulah sebabnya buah kersen lebih sering diabaikan. Buah ini jarang dimanfaatkan untuk makanan. Justru buah kerse lebih sering dibuang begitu saja.

Padahal sejatinya buah ini kaya akan manfaat bagi kesehatan. Buah keci berwarna merah ini diketahui kaya akan kandungan nutrisi yang berguna untuk kesehatan.   

Tahukah Anda, apa manfaat buah kersen bagi kesehatan?

Buah kersen mempunyai beberapa sebutan. Sebagian orang menyebutnya buah seri, ada pula yang menyebutnya talok. Meski tanamannya sudah sangat dikenal, namun manfaat buanya kersen tidak banyak diketahui.  Padahal buah kersen kaya akan kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan nutrisi tersebut antara lain, lemak, protein, serat, kalsium dan zat besi.

Buah kersen diketahui juga mengandung zat flavonoid dan kadar purin rendah. Flavonoid adalah antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan organ tubuh akibat radikal bebas. Senyawa flavonoid dapat menghambat enzim xantin oksidase yang membentuk asam urat darah.

Buah yang juga bernama Jamaican Cherry itu juga tinggi kandungan air. Hal ini menyebabkan buan kersen mampu melarutkan purin yang mengendap di organ ginjal dan persendian. Hal inilah yang membuat buah kersen disebut mampu mengobati asam urat. Untuk memanfaatkan buah kersen untuk asam urat bisa dengan memakannya secara langsung. Bisa juga dengan mengolahnya menjadi jus buah kersen dan meminumnya secara rutin. Kadar asam urat dalam darah diyakini akan turun hingga mencapai normal.

Buah kersen juga bisa menjadi obat alternatif bagi penderita diabetes. Pasalnya kandungan flavonoid, tanindan saponin dalam buah kersen bisa berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menyekresi hormon insulin yang dibutuhkan untuk metabolisme gula. Selain buahnya, daun kersen juga mampu mengobati diebetes lantaran mengandung senyawa saponin dan flavonoid.

Kedua Senyawa aktif itu bermanfaat untuk meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Hal ini yang membuat daun kersen kerap dijadikan obat herbal untuk diabetes melitus atau kencing manis. Untuk mendapatkan manfaatnya, rebus 50 hingga 100 gram buah dan daun keren dengan satu liter air. Biarkan  sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Minum secara rutin air rebusan tersebut dua kali sehari hingga kadar gula dalam darah menjadi normal.

Sedangkan kandungan antioksidan dalam buah kersen mampu menangkal radikal bebas, pemicu berbagai penyakit kronis, termasuk kanker.

Buah yang bernama latin muntingia calabura ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Itulah sebabnya rutin mengonsumsi buah kersen dapat mencegah penyakit darah tinggi atau hipertensi. Kandungan kalium dalam buah kersen dapat menstabilkan tekanan darah serta menurunkan resiko terkena stroke.

Buah kersen juga mengandung vitamin A dan betakaroten yang berguna menjaga kesehatan mata. Sedangjan vitamin C yang dimiliki buah kersen dapat mencegah timbulnya penuaan dini dan berguna untuk kesehatan kulit.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF