Buang Racun dari Dalam Tubuh dengan Rutin Minum Ramuan Jahe dan Jeruk Nipis
berita
Sumberfoto: istimewa
21 June 2021 16:10
Watyutink.com – Siapa bilang untuk bisa sehat diperlukan biaya yang mahal. Anggapan itu muncul akibat anggapan hidup sehat hanya bisa dicapai dengan menjadi anggota klub kebugaran atau gym yang membutuhkan biaya mahal. Atau dengan mengonsumsi suplemen yang juga berharga mahal.

Padahal sebenarnya untuk bisa hidup sehat tidak perlu harus mengelurkan banyak uang. Hidup sehat bisa diperoleh dengan mudah, sederhana, dan murah. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang berada di sekitar kita. Bumbu atau rempah-rempah di dapur juga bisa diolah menjadi minuman yang berguna untuk menjaga kesehatan.

Tahukah Anda, bahan apa yang bisa digunakan menjaga kesehatan dengan murah dan sederhana?

Pakar pengobatan herbal, dr Zaidul Akbar melalui unggahan di akun instagramnya menyatakan dua bahan alami atau herbal yang bisa dgunakan untuk menjaga kesehatan adalah jahe dan jeruk nipis. Kombinasi kedua bumbu dapur yang bisa diperoleh dengan mudah itu menghasilkan manfaat yang luar biasa. Keduanya mampu mengusir berbagai jenis penyakit.

Jahe diketahui memiliki kandungan gingerol dan fenol yang bersifat antinyeri. Itulah sebabnya mengkonsumsi jahe diyakini bisa meredakan rasa sakit. Selain itu air jahe juga berkhasiat meredakan gejala iritasi lambung, meredakan kram perut akibat menstruasi, hingga nyeri otot setelah berolahraga.

Rutin minum air jahe juga bisa mengurangi peradangan akibat nyeri sendi osteoarthritis dan rematik. Pasalnya kandungan gingerol, gingerdione, oleoresin dan zingeron dalam jahe bisa menurunkan dan melawan peradangan. Air jahe juga bisa mengurangi gejala peradangan yang diakibatkan oleh reaksi alergi.

Minum air jahe juga bisa meredakan mual dan menghilangkan muntah. Termasuk muntah akibat mabuk perjalanan, seperti mabuk laut. Air jahe juga bisa meredakan mual sebagai efek samping pemulihan setelah operasi, kemoterapi, dan kehamilan (morning sickness)

Jahe juga kaya antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang bersumber dari paparan sinar matahari, radiasi, ozon, asap rokok, polusi udara, dan bahan kimia industri. Radikal bebas juga bisa dipicu makanan dan minuman yang tidak bersih. Seperti diketahui radikal bebas adalah pemicu berbagai penyakit, bahkan penyakit kronis seperti kanker, tumor, penyakit jantung dan sebagainya.

Berbagai penelitian melaporkan jahe juga mampu menurunkan kadar gula darah dan membantu mengatur insulin. Itulah sebabnya jahe juga berguna bagi penderita diabetes. Selain itu, sifat antiradang dalam jahe juga dapat mencegah komplikasi diabetes, seperti retinopati, penyakit jantung, dan stroke.

Sedangkan jeruk nipis diketahui menyimpan banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti Kalori, Karbohidrat, Protein, Lemak, Serat, Zat besi, dan Kalsium. Selain itu jeruk nipis juga mengandung Thiamin, Kalium, Natrium, Vitamin B1, B2, dan B6.

Jika digabungkan antara khasiat jahe dan jeruk nipis, menurut dr Zaidul, akan menghasilkan manfaat yang luar biasa, salah satunya sebagai penambah energi. Pasalnya jahe selama ini dikenal sebagai rempah yang berguna sebagai penambah energi. Selain juga untuk menghangatkan tubuh.

Saat tubuh sedang terserang flu, pilek atau penyakit lain, minum ramuan jahe dan jeruk nipis sangat tepat. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis akan mempercepat proses penyembuhan tubuh dari penyakit flu, pilek dan sebagainya. Paduan jahe dan jeruk nipis juga akan menjadi ‘benteng’ yang melindungi tubuh dari serangan penyakit selanjutnya. Hal ini lantaran campuran kedua bahan ini dipercaya mampu meningkatkan energi dan daya tahan tubuh.

Jahe dan jeruk nipis juga mampu membuang racun dari dalam tubuh. Proses yang dikenal dengan detoks tubuh ini lantaran kandungan dalam jahe mampu menyaring dan membuang racun dari dalam tubuh.  Terutama jika diminum sebelum tidur, keesokan harinya racun dalam tubuh akan dikeluarkan dalam bentuk air seni atau urine. Selain sebagai detoks tubuh, ramuan jahe dan jeruk nipis juga bisa menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

Untuk membuat ramuan jahe dan jeruk nipis, caranya sangat mudah. Sebelumnya siapkan jahe seukuran satu inci atau sebesar ujung ibu jari. Bersihkan kulitnya sampai bersih. Siapkan pula satu butir jeruk nipis besar atau dua buah jeruk nipis ukuran kecil.

Rebus jahe yang sudah digeprek dengan air selama 10-15 menit. Setelah mendidih, angkat dan tuang dalam gelas. Tambahkan perasan jeruk nipis. Aduk sebentar sembari membuatnya menjadi hangat. Bisa pula ditambahkan madu dan daun mint untuk menambah rasa. Minum selagi hangat. Jika rutin dilakukan, tubuh akan segera merasakan perubahan yang luar biasa.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF