Bukan Hanya Nikmat Diminum, Susu Jagung Juga Bisa Sehatkan Jantung, Cegah Anemia dan Stroke
berita
Susu Jagung - 123rf.com
15 July 2020 08:00
Watyutink com - Jagung adalah bahan makanan yang sudah sangat populer. Beragam kandungan nutrisi dalam jagung membuatnya layak dikonsumsi secara rutin. Terlebih jagung adalah bahan pokok pengganti beras. Itulah sebabnya dibeberapa daerah, jagung sudah lama dijadikan makanan pokok.

Selama ini jagung sering diolah menjadi aneka makanan. Ternyata jagung bisa diolah menjadi minuman, yakni susu jagung. Bukan hanya nikmat, susu jagung juga mengandung beragam manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat susu jagung bagi kesehatan

Dilansir dari organicfacts, Susu jagung dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya susu jagung adalah sumber antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan. Antioksidan adalah zat yang berfungsi melawan efek negatif dari radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker. 

Selain itu susu jagung juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun. Pasalnya jagung memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak. Vitamin A dipercaya dapat menguatkan sistem imun dan mencegah serangan berbagai jenis penyakit. 

Susu jagung juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Kandungan anti-aterogenik dalam jagung diyakini bisa mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu kandungan omega-3 dalam jagung dapat menjaga jantung tetap bekerja dengan baik. Rutin mengonsumsi susu jagung dipercaya dapat menurunkan risiko serangan stroke. 

Susu jagung juga bisa mencegah anemia atau darah rendah. Pasalnya jagung dikenal sebagai bahan pangan yang kaya kandungan zat besi. Itulah sebabnya mengonsumsi susu jagung bisa menjadi sarana memenuhi kebutuhan asupan zat besi. 

Untuk membuat susu jagung caranya cukup mudah. Ambil dua buah jagung manis, potong kecil-kecil. Blender dengan 300 mililiter air hingga halus lalu saring. Blender ulang sisa ampasnya dengam 300 militer air lalu saring lagi. 

Tuang 100 militer susu cair atau UHT dalam jagung yang sudah diblender. Rebus dengan 400 militer air selama 30 menit hingga mendidih. Tambahkan gula dan daun pandan untuk menambah rasa dan aroma. Aduk hingga susu berwarna kuning. 

Angkat dan dinginkan. Susu jagung pun siap dinikmati. Susu jagung bisa dinikmati saat masih hangat atau bisa juga diminum dingin dengan es.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila