Bukan Hanya Sedapkan Masakan, Kemiri juga Berguna Cegah Rematik, Hipertensi, Stroke dan Insomnia
berita
Sumber Foto : istimewa
29 May 2021 15:45
Watyutink.com - Kegunaan kemiri sebagai bumbu dapur sudah banyak dikenal orang. Salah satu tanaman yang banyak dibudi dayakan di Nusantara ini diyakini menjadikan makanan semakin bercita rasa. Berbagai resep masakan, seperti sambal goreng, tumisan, rendang, soto, lodeh dan menu lainnya akan semakin sedap jika ditambahkan kemiri. 

Ternyata kemiri tidak hanya berguna didapur. Kemiri juga baik digunakan untuk menjaga kesehatan. Hal ini lantaran kemiri kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Itulah sebabnya para ahli pengobatan herbal sering menggunakan kemiri untuk campuran obat. 

Tahukah Anda, apa saja manfaat kemiri bagi kesehatan?

Kemiri diketahui memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Nutrisi tersbeut antara lain, protein, lemak, karbohidrat, fosfor, kalium, magnesium, seng, zat besi, tembaga, selenium, vitamin, folat dan fitosterol. Salah satu fungsi kemiri adalah menjaga kesehatan tulang. 

Kandungan fosfor dalam kemiri dipercaya dapat menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit yang menyerang tulang, seperti rematik, osteoporosis dan lain-lain. 

Itulah sebabnya mengonsumsi kemiri sangat dianjurkan bagi siapa saja. Pasalnya gangguan kesehatan tulang bisa menyerang siapa saja, wanita atau pria tua mapun muda.

Kemiri juga berkhasiat mengatasi masalah tekanan darah. Kadungan potasium dan magnesium pada kemiri diketahui dapat menurunkan tekanan darah. Akibatnya seseorang yang rutin mengonsumsi kemiri bisa terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi dan stroke.

Bagi Anda yang mengalami masalah tidur atau insomnia, kemiri bisa menjadi solusi alternatif. Insomnia seringkali terjadi lantaran banyak hal yang dipikirkan. Selain itu susah tidur keram dirasakan orang yang sedang depresi. Itulah sebabnya kemiri bisa menjadi pengobatan lantaran mengandung melatonin yang memberikan efek rileks dan tidur nyenyak.

Kemiri juga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti diare dan disentri.  Selain itu kemiri juga baik digunakan untuk menurunkan berat badan. Pasalnya kemiri memiliki kandungan protein yang sangat bermanfaat untuk membakar kalori dalam tubuh.

Bagi Anda yang merasa memiliki bobot badan berlebih dan ingin menurunkannya, tidak ada salahnya menambahkan kemiri dalam masakan. 

Beberapa manfaat kemiri tersebut menyadarkan kita, ternyata buah kemiri yang kecil dalam bumbu dapur memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan. Jadi tidak ada salahnya mencoba kemiri untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF