Cara Kenakan Masker dangan Benar, Bagian Putih di Dalam Hijau di Luar
berita
ANTARA FOTO/REUTERS/Tyrone Siu
27 January 2020 16:46
Watyutink.com – Saat ini dunia sedang dihebohkan dengan serangan wabah virus corona. Wabah penyakit yang berawal dari Wuhan, China itu telah menjangkiti ribuan orang, puluhan diantaranya meninggal dunia. Beberapa negara sudah siap siaga dan berusaha mencegah virus mematikan itu memasuki negaranya dan menyerang warganya.

Setiap ada kejadian penyebaran virus penyakit, pemerintah selalu menyerukan penggunaan masker. Pasalnya virus penyakit seringkali menyebar melalui udara. Itulah sebabnya penggunaan masker sangat disarankan. Namun sangat disayangkan banyak masyarakat yang belum memahami cara penggunaan masker yang benar.

Tahukah Anda, bagaiamana cara menggunakan masker yang benar?

Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Dr. dr. Agus Dwi Susanto Sp.K (K) mengatakan penggunaan masker adalah salah satu cara untuk mencegah penularan penyakit, salah satunya adalah virus corona dan  Sindrom Pernapasan Akut Berat atau Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Penelitian yang pernah dilakukan menyatakan penggunaan masker, apa pun jenisnya, dapat mengurangi risiki penularan penyakit hingga 85 persen.

Namun penggunaan masker harus benar. Dokter spesialis paru Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, dr Feni Fitriani Taufik, SpP (K) MPdKed mengatakan penggunaan masker yang benar adalah bagian yang keras diletakkan di atas hidung agar menghindari efek kebocoran.  

Selama ini muncul anggapan, bagian masker yang berwarna hijau atau biru saat digunakan menghadap ke luar bagi orang yang sehat. Sedangkan saat seseorang sakit bagin yang hijau justru dikenakan di dalam. Menurut Feni anggapan tersebut salah. Dalam kondisi apa pun bagian yang berwana biru atau hijau berada di luar.

Feni menjelaskan, sebelum memakai masker sebaiknya mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu. Gunakan sisi luar masker dan sisi dalamnya secara benar, jangan terbalik. Tempatkan pula sisi atas masker, biasanya ditandai dengan garis kawat hidung, dengan tepat.

Untuk masker yang menggunakan tali, posisikan kawat hidung di atas hidung dengan jari, lalu ikat kedua sisi tali di bagian atas pada kepala bagian atas. Lalu tarik masker ke bawah untuk bisa menutup mulut hingga dagu. Ikat tali bagian bawahnya di tengkuk atau belakang leher.

Sedangkan untuk masker karet, tempatkan tali dan kaitkan secara benar di belakang telinga. Setelah itu cubit bagian kawat agar menekuk dan menempel di hidung dengan benar. Panjangkan lekukan-lekukan masker hingga ke bawah dan menutupi semua bagian seperti hidung, mulut dan dagu.

Perlu diketahui, masker hanya bisa dipakai selama tiga hingga empat jam. Maksimal pemakaian masker adalah satu hari. Setelah dipakai seharian, sebaiknya masker dilepas dan dibuang ditempat yang aman. Itulah sebabnya cara melepas masker pun harus benar.

Sebelum melepas masker, disarankan mencuci tangan dengan sabun hingga bersih. Hindari menyentuh bagian luar atau depan masker. Pasalnya bagian depan yang berwarna hijau atau biru sangat mungkin dipenuhi kuman yang menempel dari luar.

Untuk masker karet, lepaskan dari telingan. Sedangkan untuk masker tali, buka tali bagian bawah terlebih dahulu. Selanjutnya lepaskan tali bagian atas. Lalu buanglah masker ke tempat sampah. Setelah melepas masker dan membuangnya di tempat sampah, sebaiknya cuci tangan atau gunakan sabun atau hand sanitizer.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila