Cegah Kanker Usus Besar dengan Rutin Konsumsi Pepaya, Jeruk Nipis dan Madu
berita
Pepaya-Madu-Jeruk Nipis
09 April 2020 17:00
Watyutink.com – Usus adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Sedikit saja gangguan pada usus besar dipastikan bakal mengganggu kesehatan. Itulah sebabnya kesehatan usus besar harus selalu dijaga agar bisa berfungsi dengan baik.

Salah satu cara menjaga kesehatan usus besar adalah dengan menjaga kebersihannya. Pasalnya usus besar adalah tempat tubuh mencerna makanan. Sehingga banyak sisa makanan yang dimungkinkan tertinggal di dalamnya. Itulah sebabnya organ tubuh yang juga disebut colon ini harus selalu dijaga kebersihannya.

Tahukah Anda, bagaimana cara membersihkan usus besar atau colon?

Usus besar atau colon mempunyai fungis yang sangat penting. Pasalnya di organ tubuh inilah proses pencernaan makanan dilakukan. Selain untuk mencerha, tugas usus besar lainnya adalah, menyerap nutrisi dan air yang dibutuhkan tubuh.

Colon juga bertugas mengolah sisa makanan dan minuman dengan bantuan bakteri baik. Selain itu usus besar juga bertugas melakukan sintesis berbagai vitamin serta melindungi tubuh dari berbagai bakteri yang membahayakan dan menyebabkan penyakit.

Usus besar juga berfungsi mengubah sisa atau sampah hasil pencernaan menjadi padat dan selanjutkan dikeluarkan dalam bentuk tinja. Colon juga berfungsi menyerap zat empedu yang tersisa dari proses pencernaan. Sebenarnya sisa proses pencernaan akan diserap oleh usus kecil, namun sisa-sisa empedu yang masih terdapat pada makanan yang telah dicerna akan diserap kembali oleh usus besar.

Usus besar yang tidak dijaga kebersihannya berisiko menimbulkan berbagai penyakit, mulai dari yang ringan seperti diare hingga penyakit kronis seperti kanker. Selain itu colon yang kotor juga bisa memicu peradangan yang menjadi penyebab infeksi dan wasir.

Untuk membersihkan usus besar atau colon kita bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah diperoleh disekitar. Pakar pengobatan herbal, dr Zaidul Akbar membangikan resep membesihkan usus besar. Caranya dengan memanfaatkan buah pepaya, jeruk nipis, dan madu.

Siapkan setengah buah pepaya matang atau sekitar 0,8 kilogram. Satu buah jeruk nipis ukuran sedang dan madu murni. Potong buah pepaya menjadi ukuran kecil-kecil. Bisa lansung di makan dengan terlebih dahulu diberi air perasan jeruk nipis. Saat memakannya usahankan mengunyah secara perlahan hingga benar-benar halus. Barulah ditelan.

Bisa juga dengan menjadikannya sebagai jus pepaya. Blender pepaya hingga halus. Sebelum diminum, campurkan air perasan jeruk nipis dan madu. Jika tidak ada jeruk nipis bisa juga diganti dengan lemon. Minum jus pepaya secara perlahan dan nikmati dengan baik. Jangan minum dengan sekali teguk atau glek.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, konsumsi buah atau jus pepaya itu di pagi hari saat perut masih kosong. Buah atau jus pepaya bisa digunakan sebagai sarapan pengganti nasi atau makanan lain.

Bagi yang memiliki masalah dengan lambung, perasan jeruk nipis bisa diganti dengan air jahe ditambah sedikit garam himalaya.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila