Cegah Kematian Dini, Segera Hentikan Kebiasaan Minum Kopi Sambil Merokok
berita
Sumber Foto : wordpress.com
20 May 2021 17:10
Watyutink.com - Selama ini orang mengira rokok adalah 'pasangan sejati' kopi. Itulah sebabnya seorang perokok biasanya hobi minum kopi. Terkadang orang dianggap aneh jika hanya menyukai salah satu dan tidak suka yang lainnya. Dianggap aneh saat penggemar kopi tidak merokok atau sebaliknya.

Seringkali kita melihat atau mungkin melakukan, menikmati secangkir kopi hangat sembari menghisap sebatang rokok. Kebiasaan ini seolah memberikan kenikmatan lebih bagi penikmatnya. Padahal sejatinya anggapan itu salah. Pasalnya minum kopi sambil merokok ternyata berbahaya bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa bahayanya minum kopi sambil merokok?

Para ahli menyebut minum kopi sambil merokok sama saja menggabungkan dua efek buruk kopi dan rokok. Salah satu organ tubuh yang berisiko mengalami gangguan akibat kebiasaan ngopi sambil ngerokok adalah jantung. Praktisi kesehatan dr. Arina Heidyana menyatakan kopi dan rokok, keduanya dapat mempengaruhi kerja jantung.

Kopi sebenarnya berguna membantu meningkatkan fokus dan tekanan darah. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah besar bisa menyebabkan gangguan seperti gugup, mengantuk, dehidrasi dan lelah.

Sedangkan rokok memiliki efek negatif berupa kerusakan sistem saraf pusat, meningkatnya kadar gula darah, pembuluh darah menyusut dan merusak pembuluh darah arteri. Jika dikonsumsi bersama-sama, efek buruk keduanya akan berkumpul sehingga akibatnya bisa semakin fatal.

Merokok sambil minum kopi berisiko meningkatkan risiko kekakuan pembuluh darah. Dalam jangka panjang kondisi ini membuat risiko penyakit jantung semakin besar.

Dr Ariana menjelaskan nikotin dalam rokok bisa membuat kerja jantung lebih berat. Detak jantung juga semakin cepat. Efek serupa juga bisa terjadi akibat asupan kafein dari kopi. Sehingga jika kopi dan rokok dikonsumsi bersama-sama bisa dibayangkan betapa berat kerja jantung. Jika terjadi terus menerus jantung bisa rusak.

Sementara itu dr Alvin Nursalim Sp PD menjelaskan beberapa penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan kombinasi rokok dan kopi bisa menyebabkan kenaikan tekanan darah. Dr Alvin menuturkan kopi sebenarnya mengandung kafein yang bisa menstimulasi tubuh.

Sehingga menurut dr Alvin manfaat kopi bisa didapat tanpa merokok. Bahkan jika tanpa merokok, manfaat kopi lebih terasa, seperti meningkatkan suasana hati dan membantu pencernaan. Kopi juga merangsang aktivitas usus dan dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar.

Jika kopi dinikmati tanpa rokok tubuh bisa terhindar dari efek negatif, seperti sakit paru-paru, gangguan pernapasan, dan pembuluh darah. Minum kopi sambil merokok juga berbahaya bagi penderita hipertensi. Pasalnya kopi bisa mempengaruhi tingkat tekanan darah dalam tubuh.

Sebaiknya kopi dan rokok dinikmati dalam waktu berbeda. Pasalnya efek dari dua zat tersebut justru jauh lebih kuat ketika dicampurkan daripada saat menikmatinya di waktu terpisah.

Itulah sebabnya para ahli menyebut jika Anda tidak ingin mengalami gangguan kardiovaskular terutama jantung bahkan kematian dini, sebaiknya hentikan kebiasaan minum kopi sambil merokok.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF