Cegah Osteoporosis dengan Jeruk Nipis, Lemon, Bayam, Kubis atau Kacang Hijau
berita
Ilustrasi kan watyutink.com
26 May 2020 17:35
Watyutink.com - Salah satu penyakit yang kerap dialami orang Indonesia adalah osteoporosis. Penyakit yang menyerang tulang ini menyebabkan tubuh sulit bergerak. Pasalnya tulang menjadi kehilangan kekuatan dalam menyangga tubuh. Itulah sebabnya osteoporosis kerap disebut juga sebagai penyakit pengeroposan tulang.

Selama ini orang mengandalkan obat-obatan kimia. Padahal osteoporosis bisa dicegah dengan bahan alami. Bahkan bahan alami dirasa lebih aman lantaran bebas dari bahan-bahan kimia.

Tahukah Anda, bahan alami apakah yang baik untuk mencegah osteoporosis?

Osteoporosis adalah penyakit yang menyebabkan penurunan kekuatan dan kepadatan tulang. Akibatnya bagian luar tulang menjadi tipis dan melemah. Dikutip dari wikipedia, osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah. Selain itu penyakit ini disertai penurunan mikro arsitektur tulang dan kualitas jaringan tulang yang menimbulkan kerapuhan tulang.

Selama ini, osteroporosis selalu dikaitkan dengan orang berusia lanjut. Namun dalam kenyataaanya, penyakit ini juga menyerang siapa saja, termasuk usia muda.

identik dengan orang tua. Namun, faktanya pengeroposan tulang ini bisa menyerang siapa saja, termasuk usia muda. Penelitian yang dilakukan International Osteoporosis Foundation menyebut satu dari empat wanita Indonesia berusia 50-80 tahun berisiko empat kali lebih besar dibandingkan pria. Wanita yang telah mengalani menopause berisiko lebih besar lantaran sudah kehilangan hormon estrogen.

Itulah sebabnya orang berusia lanjut, terutama wanita yang telah menopause wajib selalu menjaga asupan kalsium dan vitamin C. Selain itu dianjurkan makan makanan yang kaya akan kandungan zat besi yang juga memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

Salah satu makanan yang sangat dianjurkan adalah sayur bayam. Pasalnya sayur yang terkenal lantaran menjadi makanan tokoh kartun Popeye ini kaya akan kandungan  vitamin K, vitamin B6, dan folat. Nutrisi tersebut diyakini mampu mencegah osteoporosis.

Sayuran lain yang dianjurkan dikonsumsi adalah kubis. Sayuran ini dikenal memiliki kandungan vitamin K, B6 dan folat, yang penting bagi kesehatan tulang. Kubis juga mengandung vitamin C yang meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

Kacang hijau juga sangat dianjurkan dikonsumsi. Pasalnya kacang hijau kaya akan kandungan vitamin K. Kacang hijau bisa diolah menjadi bubur dan dinikmati

Kacang hijau merupakan sumber yang kaya vitamin K. Anda bisa membuat bubur kacang hijau sebagai hidangan santai agar bermanfaat dalam mencegah osteoporosis.

Brokoli juga baik dikonsumsi untuk mencegah pengeroposan tulang. Sayuran hijau ini dikenal kaya akan kandungan magnesium, kalsium, dan vitamin C yang meningkatkan penyerapan kalsium. Selain bermanfaat mencegah osteoporosis, brokoli juga bermanfaat menurunkan berat badan.

Lemon dan jeruk nipis juga bisa digunakan mencegah osteoporosis. Pasalnya kedua buah tersebut memiliki efek alkali. Sedangkan kandungan vitamin C dalam lemon dan jeruk nipis mampu mempertahankan kekuatan tulang dan meningkatkan penyerapan kalsium.

Untuk mengolahnya, sediakan tiga buah jeruk nipis atau lemon, peras airnya. Campur dengan dua sendok makan madu, garam himalaya seujung sendok, dan segelas air hangat. Aduh hingga semua bahan tercampur dengan sempurna. Minum selagi masih hangat.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF