Cegah Penularan Virus Corona dengan Ramuan Bawang Putih dan Madu
berita
Ramuan Bawang Putih dan Madu
02 April 2020 17:00
Watyutink.com – Disaat terjadinya wabah virus corona seperti saat ini, semua orang berusaha melindungi diri agar tidak terpapar atau terjangkit. Pemerintah dan lembaga kesehatan telah menyerukan masyarakat untuk menerapakan social distancing atau menjaga jarak. Hal ini guna mencegah peneluaran virus melalui droplet atau cairan dari mulut dan hidung.

Selain social distancing, warga juga dianjurkan menerapkan pola hidup sehat. Makan makanan berrgizi diharapkan bisa memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh. Sehingga tubuh bisa memliki benteng pertahanan yang mampu menangkal serangan berbagai virus penyakit, termasuk corona.

Untuk bisa memperkuat sistem imun tenyata tidak membutuhkan biaya mahal. Bahan yang digunakan pun mudah diperoleh. Salah satunya dalah bawang putih.

Tahukah Anda, apa manfaat bawang putih untuk mencegah serangan virus?

Bawang putih dikenal berguna untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Hal ini lantaran bawang putih memiliki kandungan senyawa aktif allicin yang dapat mengatasi masalah pencernaan, infeksi jamur, artritis, kanker, dan diabetes.

Manfaat bawang putih akan semakin ampuh bagi keseehatan jika dipadukan dengan madu. Pasalnya madu adalah bahan alami yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Madu dikenal memiliki kandungan nutrisi penting seperti zat besi, potasium, seng, magnesium, dan selenium.

Paduan kedua bahan alami tersebut diyakini akan membawa dampak yang sangat dahsyat bagi kesehatan. Terlebih keduanya adalah antibiotik alami yang sangat dibutuhkan tubuh untuk melawan serangan berbagai jenis penyakit.

Meski belum ada penelitian lebih mendalam tentang manfaat bawang putih dalam menangkal virus corona namun kegunaannya sebagai penguat sistem imun sudah tidak perlu diragukan. Beberapa ahli kesehatan menyebut virus corona atau Covid-19 akan lebih mudah menyerang orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah atau lemah.

Situs yang khusus membahas kesehatan, healthline menyebut pemanfaatan bawang putih dan madu untuk menangkal penyakit sudah lama dikenal. Bahkan sejak zaman kuno, bawang putih telah digunakan untuk perawatan alami berbagai penyakit akibat virus.

Sebuah penelitian menyebut bawang putih memiliki fungsi sebagai antivitus untuk penyakit influenza A dan B, HIV, HSV-1, pneumoniavirus, dan rhinovirus. Penelitian menunjukkan bawang putih meningkatkan respons dan merangsang sel-sel kekebalan pelindung, yang dapat melindungi tubuh dari infeksi virus.

Untuk bisa mendapatkan manfaat bawang putih dan madu, caranya cukup mudah. Siapkan 10 siung bawang putih dan secangkir madu. Iris bawang putih menjadi potongan kecil. Campur dengan madu lalu simpan dalam toples kaca. Simpan ditempat gelap dan biarkan selama satu pekan. Setelah itu barulah amuan bawang putih dan madu bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan.

Cara terbaik mengonsumsinya adalah ambil satu sendok makan ramuan bawang putih dan madu tersebut. Campur dengan air hangat secukupnya. Minum pada pagi hari saat perut masih kosong. Hal ini agar manfaat ramuan tersebut untuk meningkatkan metabolisme tubuh semakin terasa.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila