Cegah Sariawan, Diabetes, dan Gangguan Pencernaan dengan Konsumsi Biji Rambutan
berita
Sumber Foto : watyutink.com
04 June 2021 16:00
Watyutink.com - Saat masih kecil, kita sering dinasehati orang tua agar berhati-hati saat makan buah rambutan. Orang tua selalu memperingatkan agar jangan sampai biji rambut tertelan. Kalau tidak, kata orang tua kita dulu, akan tumbuh pohon rambutan di kepala kita.

Nasehat itu memang hanya gurauan semata. Meski tujuannya baik, agar anak-anak lebih berhati-hati saat makan. Bukan hanya buah rambutan tetapi juga buah dan makanan apa pun. Jangan sampai tersedak atau tertelan biji buahnya.

Sebenarnya nasehat itu kurang tepat. Pasalnya memakan biji rambutan ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan. Tentu cara mengonsumsi biji rambutan bukan dengan menelannya.

Biji rambutan bisa diolah menjadi ramuan yang berguna untuk menjaga kebugaran tubuh. Itulah sebabnya saat makan rambutan, bijinya jangan dibiang begitu saja.

Tahukah Anda, apa saja manfaat biji rambutan bagi kesehatan?

Biji rambutan diketahui memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, seperti karbohidrat, vitamin, lemak, dan polifenol. Itulah sebabnya biji rambutan bisa digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit, salah satunya untuk mencegah penyakit dibetes atau kencing manis. Pasalnya kandungan nutrisi dalam biji rambutan diyakini bermanfaat untuk membersihkan dan mengontrol darah, termasuk mengendalikan kadar gula darah.

Sedangkan kandungan vitamin C dalam biji rambutan sangat baik untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Akibatnya tubuh tidak mudah terserang penyakit dan menjadi lebih bugar.Penelitian yang dilakukan para ahli menunjukkan manfaat biji rambutan dalam meningkatkan sistem imun tak kalah dibandingkan bawang putih.

Para ahli mengatakan orang yang rutin mengonsumsi biji rambutan memiliki sistem imun yang lebih baik dibandingkan orang yang tidak pernah makan biji rambutan. Selain itu kandungan vitamin C dalam biji rambutan juga bermanfaat mengobati penyakit seperti flu, pilek, dan sariawan.

Biji rambutan juga dapat membantu menyehatkan dan menjaga fungsi sistem pencernaan. Pasalnya biji buah berasa pahit ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Dalam 100 gram biji rambutan terdapat sekitar dua gram serat. Itulah sebabnya biji rambutan dapat mengobati keluhan pencernaan dengan efektif.

Untuk mendapatkan manfaat biji rambutan, caranya cukup mudah. Ambil beberapa biji rambutan lalu bersihkan. Pastikan sudah benar-benar terpisah dari daging buah rambutan. Potong kecil-kecil biji rambutan tersebut lalu sangrai menggunakan api kecil. Matikan api saat biji rambutan sudah berwarna kuning kecoklatan.

Setelah dingin, haluskan biji rambutan dengan cara ditumbuk atau diblender hingga menjadi serbuk atau bubuk. Seduh dengan air panas, diamkan sejenak hingga ampasnya terpisah. Minum seduhan tersebut lima hingga tiga menit sebelum makan. Lakukan dengan rutin dan manfaatnya akan Anda rasakan.

Meski memiliki manfaat tapi mengonsumsi biji rambutan sebaiknya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Pasalnya konsumsi berlebihan justru akan mengganggu pencernaan. Pasalnya usus akan bekerja lebih keras.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF