Cegah Sesak Nafas, Jaga Kesehatan Paru-paru dengan Konsumsi Jeruk, Wortel, Apel dan Bawang
berita
Sumber Foto : Shutterstock
13 July 2021 17:05
Watyutink.com - Bagi sebagian besar orang, bernafas adalah kegiatan yang sangat mudah. Cukup dengan menghirup udara sambil sesekali mengembangkan dada. Selanjutnya udara akan masuk ke dalam tubuh. Begitu mudahnya bernafas sampai-sampai seorang anak bahkan bayi tidak perlu belajar untuk bernafas.

Namun bagi sebagian orang, tidak semudah itu untuk bisa bernafas. Berbagai gangguan kesehatan membuat kegiatan menghirup udara menjadi pekerjaan yang tidak gampang. Mereka harus tersengal-sengal bahkan sesak nafas akibat kesulitan bernafas.

Biasanya gangguan nafas terjadi akibat penderitanya mengalami masalah pada organ paru-paru. Bisa karena sakit asma, bronkitis, kanker paru, dan penyakit yang saat ini tengah mewabah di tanah air, yakni Covid-19. Meskipun juga bisa lantaran gangguan pada organ lain seperti jantung, tapi masalah paru-paru biasanya lebih dominan.

Itulah sebabnya diperlukan upaya guna memperkuat fungsi organ paru-paru. Selain dengan berolah raga, menjaga kesehatan paru-paru juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan sehat.

Tahukah Anda, apa saja makanan yang bisa memperkuat paru-paru?

Kesehatan organ paru-paru sangat penting dijaga. Terlebih saat ini tanah air kita tengah dilanda pandemi virus corona atau Covid-19. Penyakit yang awalnya berasal dari Wuhan, China ini menurut para ahli menyerang organ paru-paru. Itulah sebabnya orang yang terpapar Covid-19 kerap mengalami sesak nafas.

Itulah sebabnya menjaga kesehatan paru-paru menjadi sangat penting. Disaat pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, kegiatan di luar rumah sebaiknya dikurangi, termasuk berolah raga di taman, lapangan atau arena gym. Kegiatan tersebut diyakini berpotensi menularkan Covid-19.

Itu sebabnya cara untuk memperkuat organ paru-paru adalah dengan menjaga asupan nutrisi melalui makanan. Dikutip dari
Alternative World Club, terdapat beberapa makanan yang disarankan guna menjaga kesehatan paru-paru.

Makanan pertama yang dianjurkan adalah bawang merah dan bawang putih. Kedua jenis bawang ini sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Meski beraroma kurang sedap, bawang merah dan putih sangat bagus untuk jantung dan paru-paru. Bawang berfungsi mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol, dan melawan infeksi.

Bawang putih dikenal mempunyai sifat antiinflamasi yang berguna mengurangi risiko kanker paru-paru. Terlebih jika dikonsumsi mentah.

Makanan berikutnya adalah jahe. Bumbu dapur ini dikenal memiliki sifat antiinflamasi dan mampu membersihkan paru-paru. Jahe juga mampu membersihkan saluran pernapasan yang tersumbat dan mampu meningkatkan kesehatan paru-paru.

Jahe diketahui mengandung mineral seperti zat besi, kalium, magnesium, fosfor, zinc, folat, riboflavin, dan naicin. Sedangkan kandungan vitamin dalam jahe adalah vitamin B2, B3, B6 dan vitamin C. Kandungan nutrisi, mineral dan vitamin tersebut diyakini mampu mengurangi peradangan dan kontraksi di saluran pernafasan. Selain itu jahe juga dapat meningkatkan relaksasi pada otot seperti yang berguna meredakan serangan asma.

Wortel adalah makanan berikutnya yang baik untuk kesehatan paru-paru. Buah bewarna oranye ini kaya vitamin A, vitamin C, dan likopen. Wortel juga memiliki sifat antioksidan yang sangat penting untuk kesehatan paru-paru. Rutin mengonsumsi wortel berguna menurunkan risiko berkembangnya penyakit di organ paru-paru.

Para ahli kesehatan menyebut rutin minum jus wortel membantu mencegah kanker paru-paru, terutama pada perokok. Itulah sebabnya sangay dianjurkan mengonsumsi sayur ini, dalam bentuk apa pun, masakan, kue, camilan atau dimakan mentah.

Makanan berikutnya adaah apel. Kandungan flavonoid, vitamin E, dan vitamin C di dalam apel dapat membantu menjaga fungsi paru-paru. Apel juga kaya antioksidan dan aneka gizi yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru.

Mengonsumsi jeruk juga sangat baik untuk kesehatan paru-paru. Jeruk kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin B6. Kandungan kedua vitamin ini membantu paru-paru  mentransfer oksigen ke seluruh tubuh secara lebih cepat.

Jeruk kaya juga dengan antioksidan yang sangat baik bagi paru-paru. Sedangkan vitamin C mampu mengurangi infeksi dan peradangan. Penelitian yang diterbitkan dalam Allergy Asthma and Clinical Immunology, menemukan, vitamin C mempunyai peran penting untuk untuk mengurangi serangan asma hingga 52 persen.

Selanjutnya, bahan yang harus banyak dikonsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah air putih. Air murni dan bersih sangat penting untuk menjaga aliran darah dari dan menuju paru-paru. Air juga menghindarkan paru-paru dari dehidrasi atau kekurangan cairan.

Minum air putih berguna membersihkan paru-paru dari kotoran seperti lendir yang seringkali membawa racun, mikroba dan polutan. Air juga bisa menyebarkan nutrisi ke seluruh tubuh dan mengatur suhu. Cukup asupan air akan mencegah tubuh menderita dehidrasi. Terlebih sebagian besar tubuh terbuat dari air.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF