Cegah Stroke, Katarak, Anemia dan Osteoporosis dengan Makan Kue Terang Bulan
berita

19 October 2021 16:00
Watyutink.com - Salah satu jajanan yang sangat disukai orang Indonesia adalah martabak manis. Di beberapa daerah kudapan ini dikenal dengan nama kue terang bulan. Biasanya penjual kue terang bulan menjual pula martabak telur atau martabak asin.

Seperti namanya, 'martabak manis' mempunyai rasa yang manis. Hal ini lantaran bahan-bahan pembuat kue terang bulan cenderung menghasilkan rasa manis, seperti gula, susu kental manis (SKM), keju dan sebagainya. Rasa manis kue terang bulan sangat tepat dinikmati saat santai bersama secangkir kopi atau sajian lainnya.

Ternyata selain enak dinikmati, kue terang bulan atau martabak manis juga baik untuk kesehatan. Pasalnya bahan-bahan untuk membuat martabak manis diyakini mengandung nutrisi dan gizi yang baik untuk menjaga kesehatan.

Tahukah Anda apa saja manfaat martabak manis atau terang bulan bagi kesehatan?

Sebagai salah satu jajanan paling populer kue terang bulan bisa ditemukan di hampir semua wilayah Indonesia, namun dengan nama atau sebutan beragam. Orang Bangka menbutnya kue Hok Lo Pan, warga Jawa Tengah terutama Kota Semarang menyebutnya kue Bandung.

Orang Pontianak mengenalnya dengan sebutan Apam. Di Jakarta dan Jawa Barat jajanan ini disebut martabak manis atau martabak bangka. Sedangkan orang Jawa Timur dan sebagian Indonesia Timur menyebutkan kue Terang Bulan atau kue Bulan.

Secara umum kue terang bulan terbuat dari  adonan terigu, telur, gula, yang ditaburi bubuk kacang tanah, cokelat, atau keju. Selanjutnya ditambakhkan SKM dan mentega.

Bahan-bahan itulah yang menjadikan martabak manis bermanfaat bagi kesehatan. Tepung terigu sebagai bahan utama kue terang bulan kaya akan kandungan energi, protein, karbohidrat, fosfor, besi, seng, tiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), dan niasin (vitamin B3). Hal serupa dengan telur ayam yang mengandung energi, protein, fosfor, besi, tembaga, seng, retinol, tiamin, dan riboflavin.

Beragam kandungan nutrisi itu menjadikan kue terang bulan bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya dalam menjaga sistem perbedaran darah. Kandungan riboflavin dalam tepung terigu dan telur dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah serta mencegah anemia atau kurang darah.

Kandungan seng bermanfaat menjaga kestabilan kadar gula dalam darah. Selain itu juga menurunkan risiko stroke. Sedangkan kandungan vitamin B2 dan B3 dapat menurunkan kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL). Sebaliknya kandunhan kedua vitamin itu meningkatkan kolesterol baik atau high Density Lipoprotein (HDL).

Martabak manis juga berguna menjaga kesehatan kulit, rambut dan panca indera lainnya. Kandungan vitamin B2 dalam telur dan terigu berkhasiat mencegah penuaan diri serta menjaga kesehatan kulit dan rambut. Manfaat yang sama juga ada pada mineral senk yang mampu mengurangi rambut rontok dan mencegah timbulnya jerawat. Sedangkan kandungan vitamin A berguna mencegah psoriasis atau peradangan pada kulit.

Vitamin B2 dan seng juga baik untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah katarak. Selain itu juga untuk meningkatkan sensitivitas indra perasa dan penciuman. Sedangkan senyawa retinol dan vitamin A dalam telur mampu menguatkan fungsi retina mata.

Kandungan vitamin B1 atau Tiamin dalam kue terang bulan berguna menjaga sistem saraf dan otak. Selain itu nutrisi yang banyak terdapat dalam terigu dan telur itu mampu mencegah resiko stress, meningkatkan fungsi kognitif otak dan memberikan manfaat neurologis. Selain itu juga meningkatkan mood.

Sedangkan unsur seng berperan besar dalam menjaga konsentrasi saat berpikir. Hal ini menyebabkan secara umum otak tetap berfungsi dengan baik. Demikian pula dengan kandungan niasin dan riboflavin yang bisa mendukung kesehatan saraf dan mengurangi atau menyembuhkan sakit kepala dan migrain.

Kue terang bulan juga berguna menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tepung terigu dan telur ayam diketahui kaya akan kandungan protein, fosfor, dan senk. Ketiganya berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Nutrisi tersebut mampu mencegah tubuh terserang osteoporosis atau penyakit pengeroposan tulang. Ditambah dengan zat besi yang bermanfaat untuk mengurangi resiko peradangan osteoartritis atau peradangan kronis pada sendi.

Kandungan fosfor dalam martabak manis juga mampu menjaga kesehatan sistem otot. Selain itu juga membantu pertumbuhan dan perbaikan sel otot, serta mengatur kontraksi otot dan jantung. Ditunjang pula dengan kadungan protein dan seng yang berguna membantu pembentukan massa otot.

Namun perlu diingat, meski bermanfaat sangat disarankan makan martabak manis atau kue terang bulan dalam jumlah wajar. Jangan berlebihan karena semua yang terlalu banyak tidak baik bagi kesehatan.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF