Daun Kelor, Kecil Ukurannya Besar Manfaatnya
berita

21 February 2019 17:10
Watyutink.com - “Dunia tak selebar daun kelor” begitu kata pepatah yang sering kita dengar. Pepatah ini mungkin ada benarnya, sebab pohon kelor memang memilki daun yang sangat kecil. Lebarnya mungkin tak lebih dari ukuran kuku orang dewasa.

Tapi siapa sangka, dibalik bentuknya yang kecil, daun kelor memiliki manfaat yang besar. Beberapa penyakit mampu disembuhkan dengan ramuan daun kelor.

Tahukah, apa saja penyakit yang bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun kelor?

Penelitian yang dilakukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan daun kelor mengandung asam amino esensial yang dapat membantu meningkatkan kesehatan manusia. Jurnal Oncology Letters menyebut daun kaya akan antioksidan, protein, karotenoid, potassium, dan senyawa lainnya yang bisa menangkal radikal bebas serta pertumbuhan sel kanker. Itulah sebabnya ekstrak daun kelor dalam mengobati berbagai jenis penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker paru, hingga kanker kulit.

Beberapa peneliti di Mumbai, India, mengatakan daun kelor yang diolah menjadi teh atau sayur dapat menjadi penurun kadar glukosa dalam darah secara signifikan. Itulah sebabnya rutin mengkonsumsi daun kelor diyakini dapat membantu menyehatkan para penderita diabetes.

Daun kelor atau juga dipercaya mampu menyehatkan jantung. Pasalnya daun kelor termasuk makanan nabati memiliki manfaat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kadungan vitamin A dalam daun kelor ternyata jauh lebih tinggi daripada wortel. Itulah sebabnya daun kelor juga dapat digunakan untuk menyehatkan mata.

Jika Anda sering terserang sakit maag, tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi daun kelor. Daun yang dalam bahasa Madura disebut maranggi ini memiliki fungsi anti-inflamasi yang mempunyai kaitan dengan kesehatan pencernaan, temasuk menghindarkan sakit maag kambuh.

Daun kelor juga memiliki fungsi sebagai neurotransmitter dan sebagai senyawa tiroid yang dapat menjaga kestabilan psikis. Mengonsumsi daun kelor secara teratur bisa memperkecil kemungkinan seseorang mengalami depresi atau hal-hal buruk terkait dengan kondisi mood dan psikis.

Jika anak Anda menderita cacingan, cobalah ramuan daun kelor. Caranya rebus tiga lembar daun kelor bersama cabai dan meniran. Minumkan air rebusan tersebut kepada anak yang menderita cacingan untuk mengurangi infeksi cacing, terutama cacing kremi dan cacing pita.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?             Kebutuhan Gas Dalam Negeri Harus Diutamakan             Blok Masela Jangan Diserahkan Sepenuhnya Kepada Asing             Hendaknya Jangan Berhenti pada Sisi Produksi             Konsumen Kritik Layanan, Seharusnya Dapat Penghargaan             Saatnya Perusahaan Old School Transformasi ke Dunia Digital             Temuan TPF Novel Tidak Fokus