Daun Pepaya Jepang, Miliki Manfat bagi Kesehatan tapi Ada Pula Efek Sampingnya
berita

17 May 2019 17:15
Watyutink.com – Manfaat daun pepaya untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Para ahli herbal menyebut daun pepaya mengandung beragam manfaat bagi manusia. Selain lezat untuk bahan makanan, daun pepaya juga berkhasiat menyembuhkan beragam penyakit seperti demam berdarah, pencernaan, hingga tekanan darah tinggi dan risiko kanker.

Tapi bagaimana dengan daun pepaya jepang. Apakah juga mempunyai manfaat seperti daun pepaya?

Meskipun ada nama ‘jepang’ tapi sebetulnya daun pepaya jepang bukan berasal dari negeri sakura. Tanaman ini berasal dari tanah Sunda. Selain itu tanaman ini juga berbeda dengan pohon pepaya. Pohon pepaya jepang ukurannya pendek, hanya sekitar satu meter dan tidak berbuah. Mungkin karena bentuk daunnya yang menyerupai daun pepaya, maka orang menyebutnya sebagai ‘daun pepaya jepang.’

Namun dalam hal manfaat bagi kesehatan, daun pepaya jepang tidak kalah dengan daun pepaya. Beragam penyakit bisa diatasi dengan menggunakan ramuan daun ini, salah satunya adalah penyakit demam berdarah. Senyawa dalam daun pepaya jepang diyakini dapat mencegah penyakit demam berdarah semakin parah.

Selain itu daun pepaya jepang juga bisa berfungsi untuk menyehatkan organ pencernaan, terutama usus. Untuk memperoleh manfaatnya, cukup dengan menkonsumsi daun pepaya jepang sebagai menu makan sehari-hari. Namun disarankan tidak terlalu sering, dalam satu minggu cukup dua atau tiga kali saja mengkonsumsi daun pepaya jepang.

Manfaat lain dari tanaman ini adalah untuk menjaga daya tahan tubuh atau sistem imun. Kondisi tubuh yang menurun dan asupan nutrisi yang kurang bisa menyebabkan sistim imun tubuh melemah. Itulah sebabnya asupan gizi dan nutrisi harus selalu dijaga. Daun pepaya jepang bisa menjadi salah satu alternatif dalam mencukupi asupan gizi dan nutrisi.

Daun pepaya jepang juga berfungsi untuk membunuh berbagai jenis bakteri. Selain itu daun pepaya jepang juga memiliki sifat antikanker. Itulah sebabnya mengkonsumsi daun pepaya jepang diyakini dapat menjadi tubuh dari serangan penyakit tersebut.

Bagi kaum wanita, daun pepaya jepang juga bisa membantu mengatasi nyeri saat datang bulan atau haid. Kondisi ini bisa diakibatkan dua hal, yakni karena tubuh sedang melakukan penyesuaian selama masa haid. Penyebab kedua adalah karena memang ada kelainan pada tubuh yang memicul munculnya nyeri. Daun pepaya jepang diyakini dapat membantu mengatasi kondisi tersebut.

Namun perlu diperhatikan, mengkonsumsi daun pepaya japang juga memiliki efek samping, salah satunya adalah alergi. Kandungan enzim papain dalam daun pepaya jepang dapat menyebabkan alergi  seperti mata terasa pedas dan hidung berair. Selain itu muncul bintik-bintik kemerahan pada kulit, mual, hingga mengakibatkan demam.

Efek samping lainnya adalah dapat menyebabkan sakit perut. Kandungan lateks dalam daun pepaya jepang dapat menyebabkan iritasi dan memicu rasa mual. Selain itu kandungan serat tinggi dalam daun pepaya jepang membuat fases atau tinja menjadi keras. Hal ini dapat menyebabkan sembelit atau susah buang air besar.

Untuk itu sangat disarankan banyak minum air putih saat mengkonsumsi daun pepaya jepang.

Bagi ibu hamil sebaiknya hindari mengkonsumsi daun pepaya jepang. Pasalnya kandungan enzim papain dalam daun pepaya jepang berbahaya bagi ibu hamil. Selain itu enzim papain juga bisa menjadi racun bagi janin.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir