Daun Pepaya, Lalapan Pahit tapi Digemari, Berkhasiat Atasi Hepatitis, Malaria, Demam Berdarah dan Nyeri Haid
berita
Daun Pepaya/ Net
28 March 2021 06:00
Watyutink.com - Daun pepaya sudah lazim digunakan sebagai salah satu bahan pangan. Daun berbentuk mirip jari tangan ini kerap disajikan sebagai lalapan menemani sambal, ikan atau ayam goreng, dan menu masakan lainnya.

Meski rasanya pahit, daun pepaya banyak penggemarnya. Bersama 'saudaranya', yakni daun singkong, daun pepeya tidak pernah absen hadir di acara makan-makan yang menyajikan menu lalapan. Rasanya yang segar membuat banyak orang tertarik menyantap daun pepaya.

Walaupun banyak yang suka, tapi sedikit yang tahu jika daun pepaya adalah makanan sehat. Padahal daun pepaya sangat baik untuk menjaga kesehatan. Pasalnya daun pepaya kaya akan kandungan nutrisi yang berguna untuk menjaga kebugaran tubuh.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun pepaya untuk kesehatan?

Beberapa penelitian menunjukkan daun pepaya banyak mengandung senyawa phytonutrisi yang berfungsi sebagai antioksidan kuat sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu daun pepaya juga mengandung senyawa alkaloid, carpaine, pseudocarpaine dan dehydrocarpaine yang mempunyai efek kemo-preventif.

Beberapa senyawa inilah yang membuat daun pepaya dapat menyehatkan tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Membuatnya menjadi jus adalah salah satu cara mengkonsumsi daun pepaya. Selain daun pepaya juga berguna meningkatkan produksi trombosit darah.

Mempertahankan jumlah trombosit darah sangat penting, terutama bagi penerita demam berdarah. Pasalnya penyakit ini menyebabkan trombisit turun dalam waktu singkat.

Prof DrAhmad Ansori Mattjik, M.Sc, mantan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan daun papaya adalah salah satu obat alternatif terbaik untuk mengobati penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Daun pepaya juga baik untuk kesehatan hati lantaran mempunyai efek pembersih yang membuat tubuh, terutama hati menjadi sehat. Sehingga terhindar dari penyakit kronis seperti hepatitis atau sakit kuning, sirosis hati dan kanker hati. Daun pepaya juga baik untuk sistem pencernaan. Enzim papain, chymopapain, protease dan amilase yang dikandungnya membantu daun pepaya dapat menghancurkan protein dan karbohidrat yang seringkali menyebabkan gangguan pencernaan.

Daun pepaya juga mengandung acerogenin yang dapat mencegah banyak penyakit berbahaya termasuk malaria, demam berdarah, dan kanker. Selain manfaat diatas, jus daun pepaya juga diyakini dapat mengurangi efek peradangan. Bagi perempuan, daun pepaya dapat mengatasi nyeri saat menstruasi atau haid

Untuk mendapatkan manfaat daun pepaya cara termudah adalah memakannya secara langsung. Cara ini sudah lazim dilakukan dengan menjadikan daun pepaya sebagai lalap atau mengolahnya menjadi bermacam menu masakan.

Selain itu daun pepaya juga bisa diolah menjadi jus. Cara membuat jus daun pepaya pun sangat mudah. Dua helai daun pepaya dibersihkan, ditumbuk dan diperas dengan saringan kain hingga menghasilkan satu sendok makan untuk setiap satu helai daun. Minum secara rutin dua sendok makan setiap hari maka Anda akan mendapatkan manfaatnya. Rasanya memang pahit tapi khasiatnya sangat luar biasa.

Perlu diingat, yang dibuat menjadi jus hanyalah daunnya dan bukan batangnya. Selain itu daun pepaya jangan direbus atau dicuci menggunakan air panas. Hal itu bisa menghilangkan khasiatnya.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF