Daun Suruhan, Tanaman Liar yang Mampu Menyembuhkan Asam Urat dan Mencegah Kanker
berita

09 May 2019 16:50
Watyutink.com – Banyak orang yang tidak mengenal tanaman suruhan. Padahal tanaman ini banyak ditemui di sekitar kita. Namun tanaman yang juga bernama tumpang air ini lebih sering dianggap tanaman liar. Terlebih tanaman suruhan seringkali tumbuh bersama rumput liar dan ilalang yang tidak ada gunanya. Padahal sebetulnya tanaman ini, terutama daunnya memiliki kandungan senyawa alami yang bermanfaat bagi kesehatan.

Tahukah, Anda apa saja manfaat daun suruhan bagi kesehatan?

Tanaman suruhan sangat mudah dibudidayakan. Itulah sebabnya tanaman ini mempunyai banyak sebutan. Orang Sunda menyebutnya Rangu-rangu, orang Jawa menyebutnya Saladan, orang Maluku menyebutnya Gofu Goroho. Ukuran tanamannya kecil dengan akar dan tangkai yang pendek. Tanaman ini bisa dengan mudah ditemukan di sekitar sawah atau tanah yang lembab.

Para ahli pengobatan herbal sudah lama mengetahui manfaat daun suruhan. Pasalnya daun ini mengandung alkaloid, oksalat, dan minyak atsiri. Selain itu daun suruhan juga mengandung lemak, tanin, dan kalsium. Itulah sebabnya tanaman ini baik untuk kesehatan, salah satunya untuk membunuh bakteri.

Daun suruhan dipercaya sebagai obat herbal yang dapat menangkal serangan bakteri dan kuman. Akibatnya tubuh terlindungi dari berbagai penyakit baik ringan maupun berat. Sebuah penelitian membuktikan daun suruhan mengandung senyawa patuloside A dan glikosida xanthone yang memiliki efek sangat kuat dalam melawan bakteri dalam tubuh. Daun suruhan juga mempunyai fungsi anti inflamasi yang dapat menyembuhkan peradangan dan nyeri.

Daun suruhan juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit asam urat. Pasalnya daun suruhan mengandung ekstrak etanol. Caranya pun sangat mudah, ambil dan bersihkan lima gram daun suruhan segar. Rebus bersama sekitar dua liter air dengan api kecil hingga tersisa satu gelas. Minum secara rutin dua kali sehari.

Daun suruhan juga bermanfaat untuk menyehatkan ginjal. Selain itu daun suruhan juga bisa berfungsi sebagai obat anti kanker. Kandungan senyawa Pellucida dalam ekstrak daun suruhan diyakini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Daun suruhan juga mempunyai fungsi sebagai antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas, salah satu faktor penyebab kanker.

Ambil dan bersihkan pohon suruhan segar yang sudah berukuran 10 centimeter. Rebus dengan tiga gelas air hingga tersisa dua gelas. Minum secara rutin dua kali sehari. Pastikan air rebusan dalam kondisi segar dan hindari menyimpannya.

Rutin mengkonsumsi air rebusan daun suruhan juga bisa menurunkan kadar kolesterol. Air rebusan daun suruhan membuat kadar kolesterol dalam tubuh tetap stabil.

Bagi perempuan daun suruhan juga bisa mengatasi sakit atau nyeri saat datang bulan atau menstruasi. Terlebih penggunaan daun suruhan tidak menimbulkan efek samping.

Daun suruhan juga dapat meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh. Selain itu mengkonsumsi air rebusan daun suruhan juga bisa menghilangkan rasa letih, pegal, linu dan tidak bertenaga.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir