Daun Ungu, Flora Asal Papua yang Mampu Sembuhkan Wasir, Rematik, Diabetes dan Sembelit
berita
Daun Ungu
04 July 2020 17:00
Watyutink.com - Selama ini manfaat daun ungu masih belum banyak diketahui. Padahal daun yang berasal dari tanah Papua ini kaya akan manfaat bagi kesehatan. Hal itu lantaran daun ungu memiliki kandungan senyawa atau zat kimia yang berguna mengobati berbagai jenis penyakit.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun ungu untuk kesehatan?

Di beberapa daerah, daun ungu dikenal dengan berbagai nama. Orang Jawa menyebutnya demung atau wungu. Sedangkan orang Sunda mengenal daun ungu dengan sebutan handeuleum, serta masih banyak sebutan sesuai daerah masing-masing.

Para ahli kesehatan menyakini daun yang mempunyai nama latin Graptophyllum Pictum ini kaya akan kandungan senyawa yang berguna untuk kesehatan. Senyawa tersebut adalah flavonoid, steroid, saponin, tanin dan alkoloid yang dipercaya ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Salah satu manfaat daun ungu adalah sebagai obat wasir atau ambeien. Kandungan senyawa aktif dalam daun ungu diketahui mempunyai sifat analgesik dan anti-inflamasi. Hal inilah yang menyebabkan daun ungu bermanfaat sebagai obat wasir.

Untuk mendapatkan manfaat daun ungu, caranya, rebus 15 lembar daun ungu dengan dua gelas air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Minum air rebusan tersebut secara rutin sehari sekali selama satu hingga dua bulan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal sertai dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Jangan lupa banyak-banyak minum banyak air putih.

Namun orang dengan gejala alergi sebaiknya tidak mengonsumsi ramuan daun ungu. Pasalnya daun ini memiliki efek samping yang bersifat ringan seperti demam, gatal, anemia, nafsu makan menurun, sulit tidur.

Daun ungu juga memiliki sifat antiradang. Itulah sebabnya daun ungu juga ampuh untuk menyembuhkan rematik. Selain itu peradangan kronik dan rasa nyeri akibat rematik juga bisa diusir dengan daun ungu.

Untuk mendapatkan mafaat daun ungu, caranya, tumbuk daun ungu hingga halus. Campur dengan sedikit air. Oleskan tumbukan daun ungu ke bagian tubuh yang merasa sakit dan nyeri akibat rematik.

Ramuan daun ungu juga bisa mengatasi edema atau pembengkakan. Edema seringkali terjadi di bagiam kaki, tangan, dan wajah. Pembengkakan seringkali terjadi akibat terlalu lama duduk atau berdiri. Memar akibat benturan juga bisa diatasi dengan ramuan daun asal Papua ini.

Daun ungu juga mampu mengobati bisul. Caranya, tumbuk daun ungu sampai halus. Campur dengan santan kelapa. Oleskan ramuan tersebut ke bagian kulit yang terserang bisul.

Daun ungu juga berguna bagi penderita diabetes atau kencing manis. Hasil penelitian Institut Pertanian Bogor (IPB) membuktikan daun ungu mampu membantu memecah rantai polisakarida dan enzim amilase. Akibatnya proses pencernaan pati menjadi glukosa dalam usus menjadi lebih lambat. Sehingga kadar gula dalam darah bisa lebih dikontrol.

Untuk mendapatkan manfaatnya, sama seperti ramuan yang digunakan untuk mengobati wasir.

Air rebusan daun ungu juga bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Pasalnya daun ungu mempunyai sifat diuretik dan laksatif. Akibatnya rebusan daun ungu mampu mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Sifat laksatif daun ungu mampu membuat usus berkontrkasi dan membuang kotoran-kotoran dalam usus.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila