Disukai Nabi Muhammad SAW, Buah Anggur bisa Cegah Kanker, Serangan Jantung, dan Diabetes
berita

19 March 2020 17:00
Watyutink.com – Dalam berbagai buku yang menjelaskan tentang kesehatan cara Islam, disebutkan Nabi Muhammad SAW sangat menyukai makan buah. Selain buah kurma Nabi Muhammad SAW juga menggemari buah anggur. Selain juga buah lain, seperti zaitun, tin, semangka dan beberapa buah lainnya.

Bukan tanpa alasan jika Nabi Muhammad SAW menyukai buah anggur. Pasalnya buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Nuaim, Nabi Muhammad SAW mengatakan, "Kalian mempunyai kismis (anggur). Ia dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan dahak."

Tahukah Anda, apa saja manfaat buah anggura untuk kesehatan?

Buah anggur sejak lama dikenal kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti fitonutrien dan antioksidan. Selai itu anggur juga mengandung tiamin, riboflavin, niasinm folat, mineral, kalium, kalsium, magnesium, fosfor, dan natrium. Sedangkan kandungan vitaminnya adalah vitamin A, B6, C,dan K.

Tak heran jika buang anggur mampu mencegah berbagai jenis penyakit, termasuk yang berat seperti kanker. Sebuah penelitian menunjukkan kandungan resveratrol dalam buah anggur berfungsi sebagai antioksidan yang menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama payudara, lambung, hati, dan getah bening. Resveratrol juga mempu melindungi kulit dari paparan sinar ultra vilet (UV). Itulah sebabnya buah anggur juga melindungi tubuh dari penyakit kanker kulit.

Buah anggur juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan flavonoid dalam buang anggur dapat mecegah darah mengalami pembekuan. Hal ini menjadikan aliran darah menjadi lebih lancar dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Rutin makan buah anggur juga bisa menurunkan kadar kolesterol. Pasalnya buah anggur kaya akan kadungan saponin. Bersama resveratrol, saponin mampu menangkap kelebihan kolesterol sebelum terserap dalam darah. Hal ini membuat kadar kolesterol dalam darah selalu seimbang dan mengurangi risiko penyakit jantung dan obesitas atau kelebihan berat badan.

Buah anggur juga sangat baik dalam menjaga kesehatan otak. Saat aliran darah semakin lancar akibat zat resveratrol, peredarannya menuju otak pun menjadi semakin baik. Sehingga asupan oksigen dan gizi ke otak menjadi lancar. Hal ini membuat otak berfungsi dengan baik.

Buah anggur juga baik untuk kesehatan mata. Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam buah anggur dapat berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi mata dari gelombang cahaya biru akibat benda bercahaya, seperti gadget dan layar komputer. Itulah sebabnya kedua zat tersebut dapat melindungi mata dari kerusakan.

Bagi penderita diabetes atau kencing manis, buah anggur sangat dianjurkan menjadi makanan sehari-hari. Pasalnya kandungan resveratol di dalam buah anggur dalam mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Padahal resistensi insulin inilah yang menjadi pemicu seseorang terserang diabetes.

Buah anggur juga bermanfaat mencegah penuan dini. Selain resveratol, buah ini juga kaya akan quaercetin dan rutin yang berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Seperti diketahui, radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel, protein, DNA, serta gangguan keseimbangan dalam tubuh. Kerusakan sel inilah yang bisa menyebabkan penuaan dini. Gejalanya antara lain kulit keriput, rambut beruban, atau tulang keropos.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila