Garam Sebabkan Darah Tinggi, Benarkah?
berita

23 November 2018 16:30
Banyak orang takut makan makanan yang banyak mengandung garam. Mereka beralasan makan berasa asin cenderung menyebabkan darah tinggi atau hipertensi.

Tahukah Anda, anggapan semacam itu tidak sepenuhnya benar. Artinya penyebab darah tinggi bukan hanya garam, melainkan ada beberapa sebab lainnya.

Hipertensi adalah kondisi kesehatan yang dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan dan gaya hidup. Memang, hasil penelitian membuktikan garam dapur adalah salah satu faktor utama pemicu hipertensi. Namun hal ini lebih disebabkan oleh gaya hidup. Pasalnya risiko yang ditimbulkannya berbeda-beda pada setiap orang.

Garam atau natrium klorida adalah senyawa yang terdiri dari 40 persen natrium dan 60 persen klorida. Keduanya adalah elektrolit yang penting bagi kesehatan.

Asupan garam berlebih akan merusak keseimbangan natrium dan kalium. Akibatnya kerja ginjal menjadi tidak baik dan muncul retensi atau penumpukan cairan diikuti dengan naiknya tekanan darah. Kebanyakan asupan garam juga menekan dinding arteri. Lama kelamaan dinding arteri akan menebal dan sempit, sehingga tekanan darah pun makin naik. Pada akhirnya, arteri akan pecah atau tersumbat.

Cara terbaik membatasi garam adalah dengan mengurangi makanan instan dalam kemasan dan menggantinya dengan mengonsumsi makanan tinggi vitamin, mineral, serat, dan nutrisi penting lainnya. Apalagi bila dibarengi asupan magnesium dan kalium yang seimbang, maka garam tidak perlu ditakuti.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

Nanang Djamaludin

Direktur Eksekutif Jaringan Anak Nusantara (JARANAN), Konsultan Keayahbundaan dan Perlindungan Anak.

FOLLOW US

Tim Teknis Bikin Boros Anggaran Saja             Presiden dan Kapolri Perlu Ambil Sikap Tegas             Fungsi Hutan Tidak Hanya dari Aspek Ekonomi              Kodim Lakukan Pendekatan Pembinaan Teriorial Bukan Pendekatan Operasi Tempur             Lingkungan Baik Ciptakan Anak Sehat             Anak Memiliki Bakat dan Kecerdasan yang Berbeda             Indonesia Bakal Menuai Musibah Electronic Sports             Pemekaran Kodim vis a vis Visi Pertahanan Negara Poros Maritim Dunia             Menggugat Peran Keluarga  Dalam Perlindungan Anak             Anak, Tanggung Jawab Bersama