Gigi Ngilu? Mungkin Cara Sikat Giginya Salah
berita
Sumber Foto : medcom.id
18 September 2019 16:00
Watyutink.com – Gigi ngilu merupakan pertanda bahwa Anda mengalami masalah gigi sensitif. Masalah gigi sensitif ditandai dengan munculnya rasa ngilu ketika makan dan minum yang dingin atau panas. Terkadang apa yang kita lakukan dan konsumsi setiap hari dapat memicu munculnya masalah gigi sensitif.

Tahukah Anda pemicu masalah gigi sensitif?

Baca Juga

Menurut Drg Ratu Mirah Afifah, pada dasarnya terdapat dua faktor penyebab masalah gigi sensitif, yaitu abrasi gigi dan erosi gigi. Abrasi gigi bisa terjadi karena cara menyikat gigi yang salah, sehingga dentin gigi terbuka. Sedangakn erosi gigi bisa terjadi karena konsumsi makanan yang mengandung asam tinggi.

Pada umumnya cara menyikat gigi yaitu bolak balik ke gigi atas ke gigi bawah. Padahal menurut drg Afifah, cara menyikat gigi seperti ini salah. Cara menyikat gigi yang benar, yaitu, fokus pada satu bagian terlebih dahulu sebelum pindah kebagian yang lain. Jika menyikat bagian atas, cukup atas dulu sampai selesai, baru pindah ke bagian yang lain. Cara menyikat gigi yang salah mampu meningkatkan penyakit pada gusi dan gigi berlubang.  

Untuk mengurangi erosi gigi, dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam atau manis seperti soda, jus, bahkan infused water. Perbanyak minum air putih untuk menetralisir gigi dari kandungan asam dan manis setelah mengkonsumsinya.

Gigi ngilu biasanya akan reda dalam kurun waktu dua sampai tiga hari. Bila rasa ngilu pada gigi tidak kunjung sembuh, segera konsultasikan ke dokter gigi. Dokter akan memeriksa dan memberikan saran perawatan gigi yang paling sesuai untuk kondisi gigi Anda.

(Zc)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia