Hemoglobin Rendah Sebabkan Jantung Berdebar, Nyeri Dada, serta Sesak Napas, Cegah dengan Jus Bit, Apel, Wortel, dan Jahe
berita
Ilustrasi/ Net
28 March 2021 08:00
Watyutink.com - Hemoglobin atau biasa disingkat menjadi HB adalah komponen tubuh yang sangat penting. Hemoglobin adalah protein yang terdapa dalam sel darah merah. Nantinya sel darah merah akan mengikat zat besi dan oksigen selanjutnya mengedarkannya ke seluruh tubuh. Itulah sebabnya kadar hemoglobin tidak boleh terlalu rendah. Pasalnya dikhawatirkan bakal menyebabkan gangguan terhadap kesehatan tubuh.

Tahukah Anda, hemoglobin rendah dapat dicegah dengan paduan Jus Bit, Apel, Wortel, dan Jahe?

Kadar hemoglobin seorang pria dikatakan normal jika berada pada  14  hingga 17 gram per desiliter (g/dL). Sedangkan perempuan ukurannya adalah  12,3 hingga 15,3 g/dL. Pada anak-anak ukuran kadar hemoglobin disesuaikan dengan jenis kelaminnya.

Kadar hemoglobin atau HB harus dijaga agar selalu normal. Kadar HB dibawah normal berisiko menimbulkan masalah kesehatan, seperti kelelahan berlebihan. Kondisi ini terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah. Penyakit yang juga bernama anemia ini menyebabkan jaringan otot kekurangan oksigen yang berakibat tubuh kehilangan energi.

Selain itu jantung akan bekerja lebih keras guna memompa dan mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Kerja jantung yang terlalu keras inilah yang menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah. Jika tidak segera diatasi, kondisi ini dapat menyebabkan sulit berkonsentrasi dan menurunnya produktivitas.

Kadar HB rendah juga memicu jantung berdebar. Saat kekurangan HB jantung bekerja lebih keras dan berakibat detak jantung menjadi tidak teratur. Pada kondisi lebih parah, hal tersebut dapat menyebabkan pembesaran jantung, bunyi abnormal (murmur) jantung bahkan gagal jantung.

Jantung berdebar kadang disertai dengan nyeri pada bagian dada. Umumnya, gejala ini muncul nersamaan dengan dengan gejala lainnya, seperti sesak napas. Nyeri dada menunjukkan adanya masalah pada jantung lantaran terlalu bekerja keras.

Kekurangan HB juga sering disertai dengan sesak napas. Kadar oksigen yang menurun menyebabkan berbagai organ tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik, termasuk organ pernafasan. Asupan oksigen dalam jumlah cukup sangat diperlukan, terutama saat beraktivitas seperti, berjalan kaki, naik tangga atau berolahraga ringan. Kondisi sesak nafas bisa muncul sewaktu-waktu jika HB terlalu rendah. Dalam kondisi tertentu, sesdak nafas bisa sangat parah dan berakibat fatal.

Kekurangan HB juga menyebabkan sakit kepala. Pasalnya asupan oksigen ke otak menurun. Saat asupan oksigen menurut, pembuluh darah di otak akan membengkak dan menimbulkan tekanan pada otak. Hal inilah yang memicu sakit kepala. Jika tidak segera diatasi sakit kepala yang muncul akan semakin parah, bahkan bisa menyebabkan kehilangan kesadaran atau pingsan.

Mengetahui beberapa risiko yang bisa muncul, sudah sepantasanya kadar hemoglobin harus selalu dijaga. Pakar pengobatan herbal, dr Zaidul Akbar melalu akun instagramnya berbagi resep menaikkan hemoglobin. Yakni menggunakan buah bit, apel, jahe, dan wortel.

Caranya, jus satu buah buah bit, satu buah apel lokal, jahe seukuran ibu jari, dan dua buah wortel. Akan lebih baik jika menggunakan alat juicer. Namun jika tidak ada bisa menggunakan blender. Jika sudah jadi tambahkan madu secukupnya. Minum secara rutin satu atau dua kali sehari sebelum makan.   

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF