Hindari Kombinasi Makanan dan Minuman Ini, Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan
berita

28 July 2019 18:25
Watyutink.com - Seringkali saat menyantap makanan kita mengkombinasikannya dengan jenis makanan lainnya. Seringkali pula kita melengkapi acara makan dengan minum berbagai jenis minuman.

Sebenarnya hal itu wajar-wajar saja. Pasalnya kombinasi makanan dan minuman seringkali justru menambah citarasa. Selera makan pun jadi bertambah dengan paduan atau kombinasi makanan yang tepat.

Tapi sebaiknya Anda waspada. Ada beberapa kombinasi makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari.

Tahukah Anda, apa saja kombinasi makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari?

Kombinasi pertama yang sebaiknya dihindari adalah sandwich dan kopi instan. Makan sandwich bagi warga perkotaan sudah lazim. Cara membuatnya yang singkat menjadi alasan ditengah kesibukan dan jadwal kerja yang padat.

Namun karbohidrat dalam roti sandwich bisa menghalangi kalsium dalam keju dicerna dengan baik. Padahal kalsium baik bagi kesehatan jantung atau kardiovaskular. Jika ditambah kopi instan maka nutrisi dalam sandwich jadi tidak ada manfaatnya sama sekali.

Sebaiknya sandwich dikombinasikan dengan teh hijau.

Kombinasi berikutnya yang sebaiknya dihindari adalah kentang dan daging. Pati yang dikandung kentang memerlukan cairan pencernaan yang alkalotis. Sedangkan protein dalam daging memerlukan cairan pencernaan yang asam. Jika dikombinasikan, kedua makanan 'bertemu' dalam perut dapat memicu rasa mulas, bersendawa dan penumpukan gas.

Hindari pula mengombinasikan pasta dan daging cincang. Seperti halnya kombinasi daging dan kentang, kelenjar liur pada manusia akan menghasilkan amilase, yang mentransformasi pati di dalam pasta menjadi gula. Jika gula bertemu dengan protein dalam daging, maka terbentuklah campuran kimia berbahaya yang bisa menyebabkan diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Jika Anda sedang menikmati buah nanas maka sebaiknya jangan minum susu. Kombinasi nanas dan susu akan memperlambat kerja organ pencernaan. Selain itu, nanas mengandung enzim bromelain yang bisa menyebabkan keracunan jika dicampur dengan produk susu. Bromelain juga menyebabkan susu mengental.

Kombinasi mentimun dan tomat juga sebaiknya dihindari. Riset yang dilakukan para ahli menyebutkan kombinasi mentimun dan tomat akan mengganggu proses biokimia tubuh. Hal ini bisa menyulut terjadinya proses pengapuran. Selain itu kombinasi kedua sayuran ini dapat mengganggu sistem pencernaan.

Mencampurkan madu pada teh panas sebaiknya juga dihindari. Meski madu lebih sehat daripada gula tetapi dalam suhu tinggi bisa bermasalah. Madu yang lumer di dalam teh panas secara terus menerus, misalnya di dalam termos justru dapat merugikan tubuh. Sebaiknya campurkan madu saat teh sudah hangat dengan suhu sekitar 50 derajat celcius. Selain itu teh harus dihabiskan dalam waktu singkat.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Konsep Sudah Benar, Implementasinya Gagal             Tugas Terbesar Negara, Mencerdaskan Bangsa!             Indonesia Butuh Terobosan-terobosan Progresif Bidang SDM             Penekanan pada Memobilisasi Kapasitas Modal Manusia Lokal Secara Otentik             Meritokrasi vs Kabilisme             Kendalikan Harga Pangan untuk Menekan Inflasi             Utang Semakin Besar, Kemampuan Membiayai Pembangunan Berkurang             Perhatikan Belanja Non K/L yang Semakin Membesar             GBHN Isu Elite Politik Saja             Kepentingan Politik Lebih Menonjol