Ingin Jaga Berat Tubuh, Tujuh Buah Ini Cocok Anda Konsumsi
berita
diet sehat. co.id
21 September 2019 16:00
Watyutink.com – Anda sedang diet dan tak ingin makan kalori berlebihan? Atau Anda berencana menjaga berat badan namun ternyata perut keroncongan. Nah masalah ini tentunya sudah klasik dan perlu ada solusi real untuk menjaga berat badan Anda tetap di posisi ideal, atau bahkan jika berat badan sedang berlebihan bisa kembali ke berat badan ideal seperti semula.

Tahukah Anda, diet bukan berarti tidak makan dan ternyata tujuh buah ini cocok untuk dikonsumsi saat diet?

1) Apel. Apel dipercaya bisa menjaga bahkan menurunkan berat badan anda. Kandungan karbohidrat terutama ketika sedang tumbuh dan kaya pectin (sejenis serat) membuat perut anda terasa kenyang dan mengandung bahan anti kanker. Selain itu, apel ini cocok untuk cara diet sehat karena mengandung vitamin C, meskipun tapi tidak sebanyak buah jeruk.

2) Pisang. Buah murah meriah dan mudah ditemukan di Indonesia kaya akan vitamin B6 yang dibutuhkan untuk membuat serotonin dalam otak. Untuk anda ketahui, Serotonin berfungsi mengurangi rasa sakit, menekan nafsu makan, dan membuat merasa relaks dan mengurangi ketegangan.

Kandungan ini juga ternyata bisa menyembuhkan bisul perut. Selain itu pisang juga mengandung karotin dan vitamin C serta kaya potasium. Karbohidrat yang tinggi pada buah pisang mampu menekan nafsu makan anda dan cocok untuk diet.

3) Jeruk. Masih mudah ditemukan di pasar tradisional hingga modern, buah jeruk mengandung phytochemical yang disebut hesperidin yang berfungsi sebagai antioksidan. Jeruk juga sumber pectin yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan termasuk buah rendah serat namun sumber vitamin C, dan folate. Buah jeruk bermanfaat untuk diet karena kandungan vitamin C yang kaya bisa membantu diet sehat dan cepat.

4) Nanas. Buah ini mengandung enzim bromelain yang berfungsi untuk menguraikan protein. Dalam dunia masak memasak nanas sering digunakan untuk melunakkan daging. Sering juga disalahpahami nanas bisa menyebabkan keputihan, namun ternyata salah. Buah nanas justru membantu mengeluarkan segala macam lendir dari tubuh anda termasuk dahak dan membantu pencernaan, menguraikan pembekuan darah, mencegah sinusitis, dan infeksi saluran kencing.

Untuk proses diet, nanas mengandung vitamin C yang tinggi dan serat sehingga mampu memperlancar pencernaan sehingga kotoran dan leka yang ada di dalam tubuh bisa hilang seketika.

5) Anggur. Jika anda suka membuang kulit anggur, maka mulai sekarang hentikan kebiasaan kurang baik itu. Justru kulit anggur mengandung phytochemical yang disebut resveratrol yang terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung, antikanker, antibakteri, dan mengandung antioksidan.

Jika anda sedang menjalankan program diet, maka pilihlah anggur merah. Sebab memiliki vitamin C dan vitamin E yang berguna sebagai sumber energi pada tubuh, sehingga Anda tidak akan lemas jika banyak mengonsumsi buah anggur saat diet sehat dibandingkan anggur jenis lainnya.

6) Alpukat. Sering dihindari karena dianggap berlemak, ternyata buah alpukat mengandung lemak baik, berupa asam oleat yang merupakan lemak tidak jenuh tunggal. Lemak baik ini dapat menunda rasa lapar dan mengontrol gula darah anda sehingga membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Lemak baik dalam alpukat juga dipercaya baik bagi kesehatan jantung, serta mampu menurunkan kadar kolesterol darah dan meningkatkan jumlah lemak baik (HDL). Selain itu, alpukat juga kaya serat, vitamin, dan mineral. Pilihlah alpukat sebagai salah satu menu diet anda dan jangan menambahkan susu, krim ataupun gula berlebihan karena justru itu yang menyebabkan anda menjadi gendut.

7) Segala jenis buah berry. Segala buah berry, mulai dari strawberry, blueberry atau raspberry bisa dimakan kapan saja. Buah jenis berry ini mengandung karbohidrat dan sangat baik untuk detoks dan bersihkan perut. Selain membuat pencernaan lancar juga membantu penurunan berat badan.

Nah itu adalah tujuh jenis buah yang bisa anda konsumsi saat diet. Dan jangan lupa pola hidup sehat serta jangan menambahkan gula, krim dan bahkan susu atau apapun yang justru merusak kebaikan dalam buah dan menjadikan anda kehilangan manfaat maksimal. Tetaplah hidup sehat. (oct)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia