Ini Dia 10 Diet Teraneh di Dunia, Pengen Nyoba?
berita
Sumber Foto: blisstree.com
19 August 2019 11:45
Watyutink.com - Diet memang sangat populer kini. Terlebih gaya hidup dan banyaknya makanan cepat saji yang menyebabkan manusia cenderung mengalami kegemukan. Apalagi banyak pekerjaan yang dilakukan hanya dengan duduk alias kekurangan aktivitas fisik yang ideal.

Bagi kebanyakan orang, berat badan ideal adalah segalanya. Sehingga tak heran jika mereka akan berupaya mendapatkannya dengan berbagai cara. Tak jarang melakukan cara diet yang aneh, tak lazim bahkan kadang membahayakan tubuh.

Tahukah Anda, ternyata kegilaan terhadap berat badan ideal membuat manusia rela melakukan diet aneh?

Anorexia Victoria, merupakan gaya diet yang dipopulerkan oleh kelas menengah dan aristokrasi di Eropa Barat. Berkembangan pada pertengahan abad ke-19. Diet ini sesuai dengan namanya adalah ide dari Victoria, dengan cara membiarkan diri kelaparan karena dinilai akan memurnikan diri secara spiritual dan femininitas.

Boleh dikunyah, ditelan jangan. Ternyata pernyataan ini benar adanya, diet ini nyata. Seorang kurator seni dari San Fransisco, bernama Horace Fletcher terkenal sebagai ‘The Great Masticator’, setelah ia kehilangan 40 pon berat badannya. Jadi dia melakukan diet dengan mengunyah makanan sebanyak 32 kali lalu memuntahkannya, dengan keyakinan logika bahwa tubuh akan menyerap nutrisi yang dibutuhkan tanpa harus menambah berat badan. Unik juga bukan?

Diet rokok. Kalau di Indonesia iklan rokok berkenaan dengan kesehatan, seperti penyebab kanker hingga kematian. Uniknya di Amerika Serikat mempromosikan rokok dengan mengutamakan kelebihan rokok ‘bisa menghilangkan nafsu makan’. Jadi diet rokok dinilai akan menghilangkan nafsu makan sehingga seseorang akan kehilangan berat badan.

Diet dengan memakan daging mentah. Diet model ini dipopulerkan oleh Vilhjalmur Stefansson, seorang pengembara benua Arktik. Stefánsson takjub melihat betapa sehatnya orang Inuit, yang hidup di Arktik, dengan memakan ikan mentah dan lapisan lemak ikan paus, tanpa mengonsumsi buah atau sayuran. Dia kemudian tertarik mengikuti gaya hidup makan daging mentah tanpa buah dan sayuran lalu memeriksakan diri ke New York Bellevue Hospital dan dinyatakan sehat.

Diet cacing pita. Nah ini juga termasuk esktrim, karena untuk melakukan diet cacing pita harus dilakukan dengan menelan kista (bayi) cacing pita agar seseorang bisa makan sepuasnya tanpa memikirkan berat badan. Diet ini dinilai berhasil dan biasanya setelah mencapai berat badan ideal akan mengeluarkan cacing pita tersebut dengan meminum obat cacing. Namun tentu saja diet ini mengerikan sebab cacing pita bersifat parasit dan sangat merugikan karena menghisap sari makanan anda.

Diet tidur. Mungkin anda sering mendengar kalimat, ‘udah malam, nggak usah makan lagi, tidur aja’. Ternyata ini ada lho yang menganutnya. Diet ini dikenal dengan nama The Sleeping Beauty Diet. Jadi penganutnya akan tidur melebihi delapan jam dalam sehari untuk mengontrol nafsu makan. Penyanyi terkenal Elvis Presley salah satu pengikut gaya diet ini.

Diet prolinn. Apa itu prolinn? Prolinn terdiri dari tanduk hewan tanah, kuku, kulit, urat, tulang belakang dan bagian lainnya yang ditambahkan dengan rasa buatan, warna dan enzim agar menjadi cair. Roger Linn, MD pada tahun 1970-an merekomendasikan gaya diet ini karena minuman ini hanya sekitar 400 kalori dan tanpa gizi. Tapi hati-hati lho ternyata sebanyak 58 orang yang pernah mencoba diet ini terkena penyakit jantung.

Diet udara, pengikutnya biasa disebut breatharians. Diet udara dilakukan dengan hidup hanya dengan udara, tak perlu makan dan minum atau tidur. Diet ini diyakini sebagai diet untuk menemukan arti paling murni dalam hidup manusia. Seorang perempuan asal Australia, Jasmuheen mencoba membuktikannya. Namun dietnya segera dibatalkan pada hari keempat ketika dia sedang berpidato karena pupil matanya membesar akibat dehidrasi akut.

Diet kacamata biru. Sesuai dengan namanya pengikut diet ini akan menggunakan kacamata berlensa biru. Hal ini diyakini akan mengurangi nafsu makan sebab bisa mengubah makanan yang tampak menggiurkan, menjadi tidak menarik. Itulah kenapa restoran dan rumah makan biasanya berlogo merah dan hijau karena dinilai akan merangsang nafsu makan, beda halnya dengan biru. Boleh dicoba nih.

Diet bola kapas. Penggemar diet ini memakan bola kapas dalam keadaan kering tetapi ada juga yang mencelupkannya ke dalam gelatin agar mudah dimakan. Menurut pecinta diet kapas ini, perut terasa kenyang dan tubuh tidak gemuk. Kapas memang mengandung serat tinggi, tetapi itu bukan jenis kebutuhan serat manusia.

Itulah sepuluh gaya diet yang aneh bin ajaib, anda boleh saja mendambakan tubuh bagus dan ideal. Namun jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan dokter, sebab tubuh butuh nutrisi untuk melanjutkan hidup. Boleh diet, tapi utamakan keselamatan ya! (yed)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Revisi UU KPK, Ancaman Terhadap Demokratisasi oleh Oligarki Predatoris             Presiden sedang Menggali Kuburnya Sendiri             Duet Tango DPR & KPK             Utamakan Tafsir Moral ketimbang Tafsir Hukum dan Ekonomi             Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik