Jadi Sarang Tungau, Empat Tempat Ini Wajib Sering Dibersihkan
berita
Sumber Foto : tribunnews.com
17 September 2019 16:00
Watyutink.com – Tungau adalah hewan mikroskopik (hanya bisa dilihat melalui mikroskop) yang termasuk golongan laba-laba (jadi bukan kutu, ya). Hewan ini biasa bersarang di tempat yang lembab dan hangat seperti kasur. Tidak hanya kasur, ternyata tungau juga bersarang di tempat-tempat yang jarang disentuh.

Tahukan Anda, empat tempat yang biasa dijadikan sarang tungau?

Pada dasarnya tungau memperoleh makanan dari serpihan kulit manusia yang mengelupas saat tidur. Jika menggigit kulit, tungau dapat menimbulkan masalah kulit seperti gatal-gatal dan ruam. Keberadaan tungau sendiri memicu alergi, bahkan dapat menyebabkan sesak nafas bagi penderita asma.  

Baca Juga

Selain kasur, tungau sering bersarang di rak buku maupun di buku yang disimpan. Tepatnya di sudut-sudut rak buku, buku dengan hard cover, atau buku dengan cover kain. Untuk membasminya dilakukan dengan cara mengeluarkan semua buku, sembari dicek satu persatu apakah ada tungau atau tidak, dan bagian sudut rak buku dapat dibersihkan menggunakan sikat gigi yang telah diberi insektisida.

Lemari pakaian menjadi salah satu tempat favorit bagi tungau. Bagian dalamnya yang gelap serta terdapat baju-baju yang lembut membuat tungau betah bersarang di sana. Untuk mengatasinya dilakukan dengan cara mencuci semua baju dalam almari tersebut, dan membersihkan sudut-sudut almari menggunakan sikat gigi yang telah diberi insektisida.

Tungau sering bersarang di soft furniture seperti sofa. Selain lembut, bagian sudut-sudut sofa yang jarang dibersihkan menjadi tempat favorit untuk bersarang. Untuk mengusirnya, dapat dilakukan dengan bantuan vacum cleaner. Sofa dapat dibersihkan paling lama enam bulan sekali.

Beberapa laci dari furniture seperti kabinet atau kitchen set sering dijadikan tempat bersarang tungau. Letaknya yang sempit serta jarang tersentuh membuatnya menjadi sasaran empuk untuk bersarang. Untuk membersihkannya dapat dilakukan dengan cara mengeluarkan isi laci, dan dibersihkan sampai tungau benar pergi. Sedangkan bagian sudut laci dapat dibersihkan dengan sikat gigi yang telah diberi insektisida.

Jangan malas bersih-bersih, ya.

(Zc)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia