Jaga Kebersihan Hati dengan Jahe dan Lemon, Cegah Hepatitis, Sakit Kuning, dan Gangguan Ginjal
berita
Jahe dan Lemon
28 July 2020 16:25
Watyutink.com – “Jagalah hati jangan kau kotori, jagalah hati lentera hidup ini.” Anda pasti pernah mendengan lagu religi berjudul "Jagalah Hati." Lagu karya ustad kondang Abdulah Gymnastiar atau Aa Gym itu bercerita tentang pentingnya selalu menjaga kebersihan hati. Menurut Aa Gym, jika hati bersih maka hidup akan lapang dan semakin dekat dengan Allah SWT.

Ternyata menjaga hati bukan hanya dalam makna religi. Dalam kehidupan nyata organ hati atau liver juga harus selalu dijaga kebersihannya. Pasalnya hati atau liver memiliki fungsi yang sangat penting bagi manusia. Sedikit saja masalah pada hati akan menimbulkan masalah kesehatan.

Salah satu pemicu masalah di organ hati adalah kondisinya yang kotor. Itulah sebabnya hati harus selalu dijaga kebersihannya.

Tahukah Anda, bagaimana caranya menjaga kebersihan hati atau liver.

Hati atau liver adalah organ tubuh yang sangat penting fungsinya bagi tubuh. Organ yang terletak di rongga perut sebelah kanan atas di bawah rusuk. Organ berwarna coklat seberat sekitar 1,5 kilogram terbagi dalam dua bagian, kiri dan kanan. Meski demikian, bagian kanan ukurannya lebih besar daripada kiri.

Hati mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kesehatan. Pasalnya organ ini bertugas menghancurkan sel darah merah yang sudah tua. Jika sel darah merah tua itu tidak dihancurkan akan bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti hepatitis. Sel darah merah tua yang tidak dikeluarkan juga bisa menyebabkan penumpukan bilirubin yang menyebabkan penyakit kuning.

Hati juga bertugas membersihkan darah dari berbagai zat atau senyawa berbahaya. Zat-zat itu biasanya berasal dari obat-obatan, alkohol dan racun. Hati juga berperan penting dalam proses penyimpanan nutrisi, seperti zat besi, vitamin A, B12, D, dan K, dan asam folat.

Liver juga berfungsi memproduksi protein dan albumi yang berfungsi menjaga sistem dan sirkulasi darah dalam tubuh. Protein juga berperan penting dalam proses pembekuan darah dan memperkuat sistem kekebalam tubuh atau sistem imun.  Sedangkan metabolisme protein dalam hati berperan mengubah amonia menjadi urin yang harus dikeluarkan dri tubuh. Itulah sebabnya metabolisme protein juga berpengaruh pada kesehatan organ ginjal.

Hati juga berfungsi membantu produksi cairan empedu . Tugas ini penting dalam proses pencernaan makanan. Selain itu hati juga berguna menyimpan energi dalam bentuk glikogen. Nantinya glikogen akan diubah menjadi glukosa yang dalam darah diubah menjadi energi.

Hati juga bertugas memproduksi kolesterol dan trigliserida. Bersama protein, kedua zat tersebut akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Fungsi hati juga sangat penting bagi anak-anak. Pasalnya hati atau liver memproduksi hormon pertumbuhan bagi anak-anak.

Banyak cara bisa dilakukan untuk membersihkan organ hati. Namun cara terbaik adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Penggunaan bahan alami atau herbal lebih aman lantaran bebas dari campuran bahan kimia. Salah satu bahan alami yang berguna membersihkan hati adalah jahe dan lemon.

Siapkan jahe sebesar sekitar empat sentimeter dan satu sendok makan air perasan lemon. Seduh jahe yang sudah digeprek dengan sekitar 300 mililiter air panas. Setelah menjadi hangat tambahkan air perasan lemon. Minum ramuan tersebut selagi hangat. Lakukan secara rutin setiap hari.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila