Jaga Kesehatan Jantung dan Cegah Diabetes dengan Minum Air Rendaman Ketumbar
berita
Air Rendaman Ketumbar
29 July 2020 16:35
Watyutink.com – Salah satu bumbu masak yang sering digunakan adalah ketumbar. Ayam bakar, dendeng, sate, beraneka ragam bacem, dan gorengan adalah contoh beberapa masakan yang harus menggunakan ketumbar sebagai salah satu bumbunya. Tanpa ketumbar, menu-menu masakan tersebut tidak akan terasa lezat.

Ternyata ketumbar bukan hanya berguna untuk melezatkan makanan. Pasalnya ketumbar memiliki beragam nutrisi yang penting untuk tubuh. Itulah sebabnya ketumbarmempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat ketumbar bagi kesehatan?

Penelitian yang dilakukan para ahli kesehatan, menyebut dalam biji ketumbar terdapat beragam nutrisi, seperti kalori, lemak, protein karbohidrat, dan serat. Selain itu juga ada zat besi, kalsium, asam linoleat, olet, dan palmitat. Selain itu ketumbar mengandung minyak astiri, linalool, camphene,dan terpene. Ketumbar juga memiliki kandungan vitamin C, vitamin K dan antioksidan.

Salah satu manfaat ketumbar adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Ketumbar atau Coriandrum Sativum, menurut hasil penelitian, secara signifikan mampu melindungi tubuh dari penyakit gagal jantung. Zat phytochemical dalam ketumbar mampu melindungi jantung dari kerusakan oksidatif. Selain itu ketumbar juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung akibat tekanan darah tinggi atau hipertensi dan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL).

Sebaliknya, ketumbar mampu meningkatkan produksi kolesterol baik atau high- density lipoprotein (HDL). Esktrak ketumbar juga memiliki sifat diuretic yang mampu membersihkan natrium dan air. Hal ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Ketumbar juga bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan. Pasalnya ketumbar memiliki kandungan antioksidan yang mempu mengatasi gangguan pencernaan, seperti diare, perut kembung, cacingan, dan sembelit. Antioksidan dalam ketumbar mampu mengatur produksi enzim yang berguna bagi kesehatan pencernaan.

Rutin mengonsumsi ketumbar juga bermanfaat bagi penderita diabetes atau kencing manis. Ketumbar terbukti mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Dosen Fakultas Kedokteran Universtas Indonesia (FKUI) dr. Wawaimuli Arozal, M.Biomed, PhD, menyatakan rutin meminum rendaman air ketumbar mampu mengoptimalkan masukkan glukosa ke dalam sel.

Saat kadar gula darah tinggi, rendaman air ketumbar akan masuk dalam sirkulasi darah dan menurunkan gula. Sehingga sel-sel tubuh bisa melakukan fungsinya dengan baik. Ketumbar juga mampu menstimulus sel pankreas yang mampu memproduksi insulin.

Ketumbar juga mempunyai manfaat analgesik yang mempu meredakan rasa nyeri. Selain itu ketumbar juga mengandung asam linoleat yang juga berguna mengurangi nyeri. Itulah sebabnya mengonsumsi ketumbar, termasuk air rendamannya, mampu meredakan nyeri saat sakit gigi dan persendian.

Ketumbar juga kaya akan kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Hal ini membuat ketumbar mampu meredakan beberapa penyakit, seperti flu, batuk, dan pilek. Sifat analgesik dalam ketumbar juga mampu meningkatkan kesehatan mulut dan gigi. Pasalnya ketumbar juga memiliki zat anti bakteri yang mampu menghambar pertumbuhan bakteri di mulut.

Pakar kesehatan herbal, dr Zaidul Akbar dalam akun instagramnya membagikan resep membuat air rendaman ketumbar. Bahan-bahannya adalah, satu sendok makan ketumbar, madu secukupnya dan 300 mililiter air panas. Seduh ketumbar yang masih berwarna gelap atau non bleecing dengan air panas. Diamkan sejenak hingga berubah warna. Setelah menjadi hangat saring air rendaman ketumbar dan tambahkan madu. Minum air rendaman ketumbar itu secara rutin dan rasakan manfaatnya

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila