Jangan Sepelekan Kebiasaan Ngantuk di Pagi Hari, Bisa Jadi Pertanda Tubuh Sedang Bermasalah
berita
Ngantuk di Pagi Hari
14 June 2020 16:52
Watyutink.com - Mengantuk adalah sesuatu yang wajar. Semua orang pasti merasakannya. Mengantuk adalah sinyal agar tubuh segera beristirahat. Mengantuk adalah cara tubuh minta kita segera tidur.

Namun mengantuk jadi aneh jika terjadi di pagi hari. Pasalnya di pagi hari seharusnya seseorang merasa segar lantaran baru bangun dari tidur semalaman. Menjadi semakin aneh jika sebelumnya seseorang sudah tidur dalam waktu yang cukup, enam hingga delapan jam.

Mengantuk di pagi hari tentu tidak bisa dibiarkan. Pasalnya hal itu bisa menganggu aktivitas harian. Kerja, belajar dan sebagainya dipastikan terhambat  lantaran tubuh kembali minta tidur.

Selain itu mengantuk di pagi hari setelah tidur cukup bisa menjadi pertanda 'ada sesuatu yang salah' dalam tubuh.

Tahukah Anda, gangguan tubuh apakah yang menjadi penyebab tubuh selalu mengantuk?

Gangguan kesehatan pertama yang patut dicurigai adalah hypersomnia. Kondisi ini adalah kebalikan dari insomnia. Selain menyebabkan ngatuk terus menerus, hypersomnia juga menyebabkan penderitanya sulit berpikir cepat.

Antara hypersomnia dan insomnia mempunyai sumber penyakit yang sama, berpusat di otak.

Sering mengantuk juga pertanda seseorang menderita central sleep apnea, yakni kegagalan otak mengirim sinyal ke otot pernafasan. Tubuh akan mengalami kekurangan oksigen yang berakibat muncul rasa kantuk hingga sehari penuh.

Selain itu tubuh akan kerap mengalami sesak nafas, sakit kepala dan sulit berkonsentrasi. Jika dibiarkan, bisa meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan radang otak.

Gangguan kesehatan berikutnya yang mungkin terjadi adalah nokturia. Pada kondisi normal, tidur enam hingga delapan jam sudah cukup. Terlebih tidur dilakukan dengan baik tanpa gangguan.

Tapi penderita nokturia waktu tersebut terasa kurang. Pasalnya penderita nokturia biasanya juga mengalami gangguan buang air kecil. Sehingga tidur sering terganggu lantaran harus bangun dan ke kamar kecil.

Selalu merasa ngantuk juga menjadi pertanda adanya penyakit kronis dalam tubuh. Gangguan tubuh kronis dimungkinkan menyerang jantung, peredaran darah atau organ hati.

Beberapa hal yang bisa dilakukan guna mengatasi keseringan ngantuk adalah mengatur dan menjaga pola tidur. Usahakan selalu tidur pada jam yang sama setiap hari.

Pola hidup sehat juga harus dijalankan. Konsumsi makanan bernutrisi seimbang. Kurangi makanan tinggi kadar gula. Hentikan kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Mulailah rutin berolah raga.

Lakukan relaksasi untuk mengurangi stres. Singkirkan beban pikiran yang membuat susah tidur, sehingga menjadi mudah mengantuk keesokan harinya. Ciptakan suasana tidur yang nyaman dengan mengatur cahaya dan suhu ruangan. Bila perlu, gunakan aromaterapi.

Hindari kebiasaan membaca, bermain gadget, atau bekerja di kamar tidur. Kurangi kebiasaan mandi malam dan perbanyak minum air putih.

Jika masih tidak ada perubahan, segera hubungi dokter guna mendapat penanganan medis.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF