Jangan Sepelekan Sendawa Berlebihan, Bisa jadi Anda Terkena Asam Lambung atau Iritasi Usus
berita
Sumberfoto: alodokter.com
03 May 2021 16:50
Watyutink.com – Sendawa seringkali dianggap sebagai hal lumrah yang biasa dialami setelah makan. Banyak orang menduga sendawa terjadi lantaran perut merasa kenyang. Bahkan sendawa dianggap pertanda organ pencernaan dalam kondisi sehat dan bisa berfungsi dengan baik. Itulah sebabnya sebagian besar orang tidak merasa khawatir dengan kebiasaan bersendawa.

Namun kondisinya bisa berubah saat sendawa terjadi berulang-ulang. Para ahli kesehatan mengatakan sendara terus menerus justru menjadi pertanda ada yang tidak beres dengan organ pencernaan. Sendawa berulang-ulang sebaiknya tidak dibiarkan dan harus segera ditemukan penyebabnya. Hal ini guna menghindari risiko gangguan kesehatan yang semakin parah

Tahukah Anda, masalah kesehatan apa yang ditandai dengan sendawa terus menerus?

Sendawa sejatinya adalah kondisi yang normal terjadi, terutama setelah seseorang mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Bahkan sendawa adalah hal yang sehat, lantaran tubuh berhasil mengeluarkan gas berlebih di perut secara alami. Proses keluarnya gas dari tubuh adalah hal baik. Sebaliknya gas seperti oksigen dan nitrogen yang bertumpun di perut bisa menyebabkan gejala kembung dan nyeri pada area perut.

Namun sendawa terus-menerus adalah gejala yang tidak normal dan menunjukkan ada masalah. Praktisi kesehatan dr. Rizal Fadli, dalam artikel yang dimuat laman halodoc.com, mengatakan beberapa gangguan yang seringkali ditandai dengan sendawa terus menerus adalah penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD), yaitu kondisi dimana asam lambung yang naik ke kerongkongan. Selain sering sendawa, GERD juga ditandai dengan rasa panas di sekitar ulu hati.

Sering sendawa juga bisa menjadi pertanda terjadinya peradangan dan iritasi pada lambung dan usus halus. Dalam jangka panjang, kondisi yang disebabkan bakteri Heliobacter pylori atau disingkat H. pylori ini bisa menyebabkan gastritis dan kanker lambung.

Sendawa terus menerus juga bisa disebabkan karena hernia hiatal, yaitu kondisi di mana bagian atas lambung menonjol hingga ke bagian pembukaan diafragma. Penyakit ini sering disebabkan oleh adanya tekanan yang intens di sekeliling otot perut, seperti batuk yang kencang, refleks muntah, ngeden selama buang air besar, dan saat mengangkat benda berat.

Sendawa berlebihan juga bisa terjadi karena infeksi bakteri. Sendawa berlebihan bisa saja muncul karena infeksi virus Helicobacter pylori (H. pylori). Jenis bakteri ini cukup sering ditemukan pada sistem pencernaan dan bisa memicu gangguan kesehatan.

Praktisi kesehatan dr Kevin Adrian dalam tulisan di laman alodokter.com mengungkapkan beberapa cara mengatasi sendara berlebihan dan terus menerus. Menurutnya, tidak ada cara khusus utnuk menangani sendawa terus menerus. Meski prosesnya akan berjalan secara alami, sendawa berlebihan tetap harus segera diatasi.

Dr Kevin menyarankan beberapa cara seperti tidaki makan atau minum dengan terburu-buru. Hindari merokok lantaran menyebabkan udara terhirup dalam jumlah banyak. Batasi pula konsumsi permen karet. Saat mengalami sendewa berlebihan, hentikan konsumsi minuman beralkohol, bersoda atau minuman berkarbonasi lantaran mengandung banyak gas karbon dioksida.  

Hindari pula makan makanan yang bisa menghasilkan gas, seperti brokoli, kol, kacang-kacangan, dan produk olahan susu. Jika menggunakan gigi palsu, coba periksa agar pemasangannya. Bisa jadi terdapat pemasangan yang kurang tepat hingga menyebabkan udara tertelan saat mengunyah atau berbicara. Berjalan kaki atau melakukan olahraga ringan selama beberapa saat setelah makan juga dapat membantu kelancaran proses pencernaan, sehingga mengurangi sendawa.

Jika sendawa disertai nyeri ringan pada ulu hati, bisa diatasi dengan mengonsumsi obat maag. Namun bila nyerinya tak kunjung reda , sebaiknya segera hubungan dokter untuk penanganan yang lebih baik.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF