Kenikir, Meski Pahit Namun Bisa Sehatkan Tulang, Jantung, Cegah Kanker dan Sembuhkan Asam Lambung
berita
Tanaman Kenikir/ Net
01 March 2021 08:00
Watyutink.com – Kenikir adalah salah tanaman yang sering dimanfaatkan untuk bahan makanan. Meski rasanya cenderung pahit namun daun kenikir juga memberikan sensasi segar. Hal inilah yang membuat daun kenikir kerap diolah menjadi sayur atau lalapan. Daun yang sejatinya adalah tanaman pagar ini sering hadir mendampingin sambal, ayam goreng, ikan bakar serta lalapan lainnya. Jika ditambah dengan nasi panas, dipastikan tidak ada orang yang bakal menolak mencicipinya.

Daun kenikir ternyata tidak hanya nikmat dimakan. Daun ini juga sehat lantaran mengadung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk tubuh manusia. Itulah sebabnya mengonsumsi daun yang bernama latin Cosmos Casdatus ini sangat dianjurkan bagi beberapa orang dengan gangguan kesehatan tertentu.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun kenikir untuk kesehatan?  

Para ahli herbal menyakini kenikir mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan. Pasalnya daun yang juga bernama Ulam Raja ini memiliki kandungan zat-zat yang dimiliki kenikir, seperti kalsium, magnesium, flavonoid, tokoferol, polifenol, saponin, terpenoid, kuersetin, dan alkohol koniferil. Selain itu kenikir juga mengandung vitamin A, C, E, protein, asam askorbat dan asam klorogenik.

Itulah sebabnya daun kenikir sering digunakan sebagai makanan yang bisa mengatasi berbagai penyakit, seperti sakit maag. Kandungan tokoferol di dalam daun kenikir mampu menetralkan asam lambung. Selain itu, tokoferol juga bisa menguatkan otot sfingter yang ada di perut. Caranya rebus daun kenikir dengan sedikit garam. Biarkan hingga dingin lalu minum air rebusan itu.

Daun kenikir juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin A, C, dan E dalam daun kenikir diyakini bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, zat gizi makro protein dalam daun kenikir juga bisa melindungi tubuh dari serangan kuman penyakit. Pasalnya protein bisa membentuk fagosit yang bisa melawan bakteri dan virus.

Sedangkan kandungan saponin, flavonoid, dan terpenoid dalam daun kenikir diketahui memiliki sifat antikarsinogenik yang dapat melawan kanker. Itulah sebabnya mengkonsumsi daun kenikir bisa membantu menangkal berbagai jenis kanker, kanker perut, hati, payudara, lambung, dan sebagainya. Namun saat mengkonsumsi daun kenikir disarankan diimbangi dengan banyak minum air putih.

Kenikir juga bisa membantu menyehatkan jantung. Kandungan flavonoid yang dimiliki daun kenikir dipercaya bisa menguatkan otot jantung. Jika otot jantung kuat maka sirkulasi darah menjadi lancar. 

Daun kenikir juga bisa menguatkan kerangka tulang. Pasalnya kenikir mengandung zat kalsium dan magnesium yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. Rutin minum air rebusan daun kenikir ditambah madu bisa memberikan manfaat bagi tulang, sama fungsinya dengan minum susu.

Cara termudah mendapatkan manfaat daun kenikir adalah dengan memakannya sebagai lalapan. Namun rasa pahit yang dimilikinya membuat banyak orang enggan mengonsumsi daun kenikir. Padahal rasa pahit itu bisa dikurangi dengan beberapa tips berikut ini.

Pertama, jangan memasak daun kenikir terlalu lama. Selain membuat khasiatnya berkurang, memasak daun keniker terlalu lama justru membuat rasa pahitnya semakin terasa. Sebaiknya masak daun kenikir sebentar saja. Bahkan beberapa ahli kesehatan menyarankan kenikir dimakan secara mentah.

Cara lain untuk menghilangkan rasa pahit pada daun kenikir adalah dengan merebusnya terlebih dahulu.  Teknik ini diyakini mampu menjaga kandungan gizi dan vitamin tapi membuat rasa pahitnya menjadi tidak terasa. Rebus air sampai mendidih, barulah masukkan daun kenikir. Tidak usah terlalu lama, cukup beberapa saat saja lalu angkat. Daun kenikir pun siap dinikmati tanpa terasa pahit.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF